Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Untuk Pemerataan Informasi Mengenai Covid-19 Kepada Warga Sekitar

Tanjung Mas – Semarang (10/08/2021) Mahasiswa KKN UNDIP memberikan program edukasi dengan konsep sosialialisasi kepada beberapa masyarakat setempat. Informasi dasar terkait Covid-19 menjadi topik edukasi utama untuk diinformasikan. KKN Tim II UNDIP tergerak untuk menyamaratakan informasi mengenai Covid-19 berupa sejarah Covid-19, varian Covid-19, edukasi vaksinasi, dan pentingnya masker untuk kegiatan sehari-hari.

Padatnya penduduk Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara akan beresiko menimbulkan penularan Covid-19 yang cepat. Tindakan pencegahan dari masyarakat setempat perlu dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Hal tersebut mendorong KKN Tim II UNDIP untuk membantu masyarakat dalam hal edukasi Covid-19.

Salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP, yaitu Farid Gunawan(22) mengedukasi tentang pentingnya pemerataan vaksinasi di kawasan dengan penduduk yang padat. Vaksinasi yang merupakan program pemerintah diharapkan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan edukasi oleh KKN Tim II UNDIP sekaligus mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi disertai pelurusan informasi tentang vaksin yang masih simpang siur di lingkungan sekitar.


Pelaksanaan Sosialisasi

Selain informasi tentang vaksinasi, KKN Tim II UNDIP juga mengedukasi tentang hal dasar Covid-19 dan manfaat penggunaan masker. Tak lupa juga menambahkan topik yang hangat diperbincangkan, yaitu Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Masyarakat setempat cukup antusias dengan berbagai informasi yang diberikan. Kegiatan program sosialisasi dikemas dengan sistem yang menarik dan terdapat sesi tanya jawab sebagai ruang diskusi antara masyarakat setempat dan mahasiswa KKN Tim II UNDIP sebagai pelaksana.

Pembagian Masker

Program ini ditutup dengan pembagian masker kepada masyarakat setempat sebagai bentuk kepedulian KKN Tim II UNDIP akan pandemi Covid-19 ini. Dengan dilaksanakannya program tersebut, diharapkan masyarakat Kelurahan Tanjung Mas mendapatkan informasi yang cukup mengenai Covid-19 dan masyarakat juga ikut peduli dalam pemutusan rantai penularan Covid-19.

Ditulis oleh : Farid Gunawan

Dosen Pendamping Lapangan : Dr. Seno Darmanto, ST, M.T