Bantu Warga Di Era Pandemi, Mahasiswa Undip Mengajak Warga untuk Memakasi Masker dengan Efektif dan Mencegah Perubahan Iklim Di Bumi.

Bekasi (10/08/2021) Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring di RT 05/RW 08 kelurahan Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.

Pada Era Pandemi ini UNDIP memberikan program yang bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).”

Pemerintah telah mengumumkan kebijakan-kebijakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui kebiasaan yang baik. Kebiasaan tersebut diantaranya adalah rajin cuci tangan, menggunakan masker, hand sanitizer, dan social distancing.

Mahasiswa KKN Tim II Undip asal Kelurahan Jatimakmur, Pondok Gede, Hana Hilmy Riskiana berinovasi mengajak masyarakat untuk tetap menggunakan masker secara efektif dikarenakan semakin banyak virus yang bermutasi menjadi lebih ganas.

Maka dari itu Hana mengajak warga setempat untuk tetap menggunakan masker dengan baik dengan menyebarkan poster “Menggunakan Masker Efektif.”

Poster mengenai “Penggunanaan Masker yang Efektif.”

Di Era Pandemi ini jarang orang peduli terhadap “Perubahan Iklim” yang terjadi. Bumi semakin panas, Es yang telah mencair, Volume air laut yang meningkat, dan beberapa hutan yang terbakar.

Maka dari itu, Hana mengajak warga setempat agar melakukan kegiatan yang dapat mencegah nya perubahan iklim yang terjadi di Indonesia.

Tak banyak daerah di Indonesia merasakan dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Beberapa di antaranya bahkan sampai terendam banjir, hingga mengganggu aktivitas. Perubahan suhu yang ekstrim juga bisa mengundang ancaman penyakit, lantaran tingkat imunitas menurun.

Fenomena ini terjadi salah satunya disebabkan oleh perubahan iklim atau climate change. Hal yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, baik langsung maupun tidak langsung, yang mengubah komposisi atmosfer hingga mempengaruhi iklim.

“Saya mengajak warga untuk mencegah perubahan iklim dengan campaign berjudul “Save The Earth Now” agak Indonesia tidak merasakan dampak yang terjadi,” Kata Hana.

Infografis tentang Perubahan Iklim.

Mari menjaga Bumi dengan cara menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan, mengurangi penggunaan AC, mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan memilih kendaraan umum, menanam pohon, dan membuang sampah pada tempatnya agar  Bumi tetap sehat.

Penyeberan Poster