Mahasiswa KKN Undip Gandeng UMKM Paham Strategi Digital Branding
Cirebon, Jawa Barat (2/8). Meyebarnya virus Covid-19 membuat Perekonomian Indonesia terpukul, terlebih bagi pelaku usaha UMKM khususnya di Desa Gesik. Cirebon, Jawa Barat yang akses permodalannya bergantung pada pemasukan penjualan, menurunnya kapasitas pembeli bagi pelaku usaha selama pandemi covid-19 membuat para pelaku usaha UMKM mulai tumbang. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.
Untuk mendukung upaya meminimalisir kerugian di masa pandemi Covid-19 pelaku usaha UMKM diharuskan beralih ke pemasaran digital, namun banyak pelaku UMKM yang belum paham dan kesulitan untuk masuk ke era digital pemasaran khususnya di Desa Gesik, Tengahtani Kabupaten Cirebon. Kegiatan program kerja ini dilakukan di tengah pandemi Covid- 19 dan sedang dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka pelaksanaan program berlangsung dengan sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan. Pada hari Sabtu (31/07/2021). “ Ya sepi mbak semua menurun dan bingung jualannya, ya semoga kegiatan KKN bisa bermanfaat” tutur Ibu Fatimah selaku pemilik usaha Rempeyek Cirebon.
Hal ini, mendorong Imas Ismiyati mahasiswi KKN TIM II UNDIP berkesempatan untuk menjalankan kegiatan KKN di Desa Gesik, Kabupaten Cirebon dengan tema Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19 Berbasis tujuan pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Program kerja memberikan pemahaman tatacara dan Strategi pemasaran digital UMKM di aplikasi online shop “ dalam momentum yang pas ini semoga UMKM bisa terus menjadi penggerak perekonomian di Indonesia dan sudah saatnya semua beralih ke yang lebih praktis dan canggih.” Ujar Imas Ismiyati mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika & Bisnis. Pemasaran secara Digital diharapkan membangkitkan Perekonomian di masa pandemi dengan bantuan sosial media seperti instagram, facebook dan lain sebaginya UMKM akan terus bergerak dan dapat bersaing dengan produk lainnya.