Tim II KKN UNDIP Melakukan Edukasi Tentang Protokol Kesehatan di Tempat Umum Dalam Bentuk Booklet

SLEMAN – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa di setiap kampus yang ada di Indonesia. Tak terkecuali Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Tepat pada 30 Juni-12 Agustus 2021, para mahasiswa yang tergabung dalam tim II KKN UNDIP melaksanakan kegiatan KKN mereka di RT 05, RW 055, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman

Akibat pandemi Covid-19, aktivitas mereka pun terbatasi. Meski begitu, dengan lapang dada, mereka melakukan aktivitas KKN mereka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Yang jelas, dalam pelaksanaan program kerja yang telah disusun, para mahasiswa KKN tersebut selalu berupaya melakukan komunikasi dan berkonsultasi ke dosen pembimbing, perangkat desa, dan warga. Dengan begitu, mereka berharap,  program KKN bisa berjalan sebagaimana mestinya

Program pertama, mereka membagikan alat kebersihan ke pamilik warung makan. Sedangkan program berikutnya, mahasiswa KKN  tersebut membagikan informasi protokol kesehatan di tempat umum  yang diputuskan oleh Kementerian Kesehatan melalui group WhatsApp RT setempat.

Terkait protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19, yakni terdiri dari kesehatan untuk diri sendiri, penyelenggara tempat umum, ekonomi kreatif, penyelenggara event atau pertemuan, jasa perawatan kecantikan rambut, kegiatan keagamaan di rumah ibadah,  moda transportasi, pasar,  pusat pembelanjaan, hotel, restoran atau rumah makan, jasa transportasi umum, dan  lokasi daya tarik wisata.

Mereka mengaku, berkat kerja sama dari semua elemen, baik dari perangkat desa maupun masyarakat, program kerja mereka bisa berjalan dengan lancar.

Penyusun         : Heru Yudha Pratama B (Fakultas Hukum 2018)

Dosen              : dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D