Mahasiswa UNDIP Berikan Edukasi Pembelajaran Daring yang Efektif bagi Anak-anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19
Semarang (10/08/2021), Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini tentunya sangat berdampak pada berbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 ini, pemerintah telah memberlakukan kebijakan bahwa kegiatan pembelajaran dari berbagai tingkat pendidikan diberlakukan secara daring termasuk sekolah dasar. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun, pemberlakuan pembelajaran secara daring dirasa kurang efektif bagi anak-anak sekolah dasar yang menyebabkan berkurangnya minat belajar anak. Maka dari itu, mahasiswa KKN TIM II UNDIP memberikan edukasi mengenai pembelajaran daring yang efektif bagi anak-anak sekolah dasar di masa pandemi Covid-19 di wilayah RW 06, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Kondisi tersebut tentunya tidak mudah bagi siswa dan dirasa kurang efektif untuk dilakukan. Berbagai kendala pun dihadapi, seperti keterbatasan interaksi guru dalam menjelaskan materi sehingga banyak siswa yang tidak paham, keterbatasan sarana prasarana sebagai fasilitas penunjang pembelajaran daring, ketidaksiapan orang tua dalam membimbing anaknya belajar, pemberian tugas yang terlalu banyak, dan kurangnya konsentrasi dan minat belajar karena dengan memegang ponsel mudah teralihkan ke media sosial. Akibat dari berbagai kendala itu, banyak anak-anak yang lebih suka bermain-main saja dan tidak memperdulikan tugas mereka, sehingga anak merasa malas dan tidak minat untuk belajar.
Berbagai kendala tersebut membuat salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan edukasi mengenai pembelajaran daring yang efektif kepada anak-anak sekolah dasar di RW 06, Kelurahan Mangunharjo. Kegiatan edukasi dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021 yang dilakukan secara door to door dengan membawa media pendukung berupa poster. Dalam pelaksanaan edukasi tersebut, mahasiswa memberikan dan menjelaskan poster yang berisi beberapa tips pembelajaran daring yang efektif bagi anak-anak sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Mahasiswa juga menjelaskan bagaimana postur tubuh yang sehat saat pembelajaran daring, karena postur tubuh saat duduk dapat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar anak. Selain itu, mahasiswa memberikan bimbingan dan membantu anak sekolah dasar dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Selanjutnya pada tanggal 25 Juli 2021 dilakukan penempelan poster pada tempat-tempat strategis di wilayah RW 06, Kelurahan Mangunharjo. Penempelan poster tersebut bertujuan untuk memberikan informasi secara luas, sehingga tidak hanya anak-anak sekolah dasar saja namun anak di jenjang SMP, SMA bahkan mahasiswa perguruan tinggi juga dapat mengetahui akan informasi ini.

Adanya kegiatan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan minat belajar pada anak-anak sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, sehingga pembelajaran daring dapat dilakukan secara efektif.
Penulis : Melinda Nurul Hidayah (Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK, UNDIP)
Dosen Pembimbing Lapangan : Apri Dwi Anggo, S.Pi., M.Sc.