Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM Desa Karangtengah

Kaliwungu – Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas bagi kehidupan manusia.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus mampu bersaing di pasar agar tak tertindas. Apalagi, di era persaingan ini, pelaku UMKM seharusnya melek akan teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produknya.  

Dalam era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing di era digital saat ini. Oleh sebab itu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan sosialisasi mengenai Pentingnya DIgital Marketing, pelaku UMKM membutuhkan panduan dalam memilih teknologi informasi yang tepat sesuai jenis usaha dan kebutuhannya. Tercatat, jumlah UMKM di desa karangtengah cukup banyak, yaitu ada 12 pelaku UMKM.

Sosialisasi Mengunakan Zoom Meeting

” Dengan adanya sosialisasi ini sangat membantu penjualan produk saya” ujar  Bu Uli salah satu pelaku UMKM desa karangtengah pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain yaitu : hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai, jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis, dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu, bias melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Strategi digital marketing dengan menggunakan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.

Penulis : Harmony Widya Putri

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D