BELAJAR MATEMATIKA DI SAAT PANDEMI BIKIN PUSING? MAHASISWA KKN UNDIP BUATKAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Bulusan, Kota Semarang (01/08/2021)-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa S-1 Universitas Diponegoro (UNDIP). Namun, pelaksanaan KKN UNDIP Tim II Periode 2021 sedikir berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir yang menjadikan KKN dilakukan secara online . KKN UNDIP periode ini mengusung tema “ Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S) Melalui Kuliah Kerja Nyata” yang dilaksanakan pada 30 Juni 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021.
Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini mengharuskan semua sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, salah satunya yaitu Sekolah Dasar di Kelurahan Bulusan. Semua siswa/i melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing atau daring.
Hal ini membuat siswa/i kesulitan dalam belajar, banyak siswa/i yang kebingungan saat belajar secara online di rumah, terutama pada pelajaran matematika yang pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa/i.
Ketersediaan modul dalam pendampingan belajar juga menjadi masalah serius dalam pembelajaran secara daring. Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa UNDIP membuat modul pembelajaran matematika yang mudah dipahami oleh siswa SD. Modul tersebut berisi materi dan latihan soal matematika beserta pembahasan untuk kelas VI SD.
Program tersebut dimulai dari pembagian modul pada hari Senin (02/8) melalui chat WhatsApp yang dikirim kepada ibu Ketua PKK Kelurahan Bulusan agar proses pembagian modul tetap aman. Selain pembagian modul, dilaksanakan juga pendampingan belajar melalui chat WhatsApp. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa/i yang belum paham apabila belajar sendiri, sehingga dibutuhkan pendampingan dalam belajar. Para siswa/i menyambut baik program yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tim II Periode 2021 ini. Dikarenakan mata pelajaran matematika yang selalu dianggap sulit oleh siswa/i, sehingga adanya program ini siswa/idapat terbantu dalam memecahkan masalah dalam bidang matematika.
Penulis : Fitri Cahyani
DPL : Dra. Puji Astuti, M.Si.