JANGAN DEKATI NARKOBA! MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

Bulusan, Kota Semarang (01/08/2021)-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa S-1 Universitas Diponegoro (UNDIP). Namun, pelaksanaan KKN UNDIP Tim II Periode 2021 sedikir berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir yang menjadikan KKN dilakukan secara online . KKN UNDIP periode ini mengusung tema “ Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19  Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S) Melalui Kuliah Kerja Nyata” yang dilaksanakan pada 30 Juni 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021.

Dalam program kerja yang bertemakan SDGS. Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2021 bersama teman kelompoknya membuat program kerja mengenai “ Edukasi Bahaya Penggunaan Narkoba di Kalangan Masyarakat” yang dilaksanakan di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Poster Bahaya Penggunaan Narkoba di Kalangan Masyarakat

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang. (Psl 1 (1) UU No.35/2009).

Untuk mencegah diri dari bahaya narkoba, sebagai anak muda kita bisa melakukan aktivitas positif yang bermanfaat ataupun menyalurkan hobi kita untuk meningkatkan skill kemampuan yang dimiliki. Selain itu meningkatkan kualitas pergaulan dengan selektif memilih teman. Kemudian yang terpenting adalah meningkatkan iman kita dan sudah sepatutnya sebagai seorang anak (remaja) kita harus selalu mendengarkan nasihat dari orangtua.

Penempelan Poster Bahaya Penggunaan Narkoba

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada hari selasa, tanggal 3 agustus 2021 di Kantor Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan dilakukan dengan pemasangan dan penyerahan poster mengenai edukasi bahaya narkoba. Edukasi bahaya narkoba ini di perlukan agar masyarakat dapat dengan sadar memahami penyalahangunaan narkoba, sehingga tidak sampai terjerumus dalam kesengsaraan akibat penyalahgunaan narkoba. Kegiatan berlangsung dengan menggunakan masker dan tidak mengumpulkan banyak orang sehingga tidak terjadi kerumunan.

Penyerahan Poster Bahaya Penggunaan Narkoba

Dengan diadakannya program ini, diharapkan anak-anak remaja dan  masyarakat luas khususnya masyarakat di wilayah Kelurahan Bulusan dapat mengetahui bahaya dari penggunaan narkoba terhadap dampak yang ditimbulkan, akibat, dan sanksi hukum serta cara mencegah agar terhindar dari narkoba.

Penulis : Fitri Cahyani

DPL : Dra. Puji Astuti, M.Si.