Mari Kita Makan Ikan! Mahasiswa undip memberikan penyuluhan akan wajib mengkonsumsi ikan guna menambah imun tubuh selama pandemi COVID-19

Semarang (11/8/2021). Adanya COVID-19 atau wabah corona membuat seluruh kegiatan sangat dibatasi sehingga kesehatan tubuh sangat sulit untuk dijaga ditambah adanya virus corona yang dapat menular melalui percakapan ataupun pertemuan. Kondisi ini membuat saya Ramadhan Danum selaku peserta KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan penyuluhan akan pentingnya mengkonsumsi ikan guna menambah imun tubuh selama pandemi COVID-19 di RW 07 Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Saya mengajak seluruh warga RW 07 Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang melalui pemberiaan materi secara online yang dikirim ke Group WhatsApp RW 07. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja KKN yang berjudul “Penyuluhan Informasi tentang Jenis IkanĀ  serta Manfaat dari Setiap Jenis ikan dalamĀ Konsumsi mingguan Guna Menjaga Iun Tubuh Selama Pandemi COVID-19”.

Kegiatan ini diberikan melalui materi yang menjelaskan pentingnya konsumsi ikan dan informasi gizi ikan dalam menjaga kesehatan dan imun tubuh. Materi ini membantu warga RW 07 untuk mengerti akan gizi ikan apa saja yang dapat dikonsumsi selama Pandemi COVID-19 guna menjaga imun tubuh.

Alasan akan mengkonsumsi ikan untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh dikarenakan kandungan dari ikan sangat bergizi dan banyak manfaatnya. Beberapa kandungan dari ikan adalah Vitamin A, B6, B12, dan D, Yodium, Selenium, Seng, Asam Lemak, Protein, dan Omega-3. Kandungan dari ikan tersebut sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh serta imun tubuh dalam melawan COVID-19

Harapan untuk warga RW 07 Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, setelah pemberiaan materi tersebut akan sadar pentingnya konsumsi ikan dalam menjaga kesehatan dan imun tubuh sehingga jumlah warga yang terjangkit virus corona akan menurun dan kegiatan dapat dilaksanakan secara normal kembali.

Penulis : Ramadhan Danum C (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro).