Covid-19 Semakin Meningkat! Mahasiswa Undip Sosialisasi PPKM Darurat di Kelurahan Jomblang

Jomblang, Kota Semarang (31/07/2021) KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021 dilaksanakan di kampung halaman masing – masing pada 30 Juni hingga 12 Agustus 2021. Mengingat tingginya peningkatan angka Covid-19 di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia. Maka, kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro dilaksanakan secara mandiri di daerah asal masing – masing mahasiswa.

Pelaksanaan KKN pada periode ini juga bertepatan dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat oleh Pemerintah di daerah Jawa dan Bali berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri No.15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali hal itu berujung pada keputusan pemerintah untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali dari tanggal 3 Juli hingga 2 Agustus 2021. sehingga kegiatan KKN dilaksanakan secara online atau offline (jika memungkingkan).

Mahasiswa Universitas Diponegoro, M. Raihan Pramudya jurusan Ilmu Hukum berinisiatif untuk melakukan program edukasi “Sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kota Semarang”.

Selain melakukan kegiatan sosialisasi secara langsung, Mahasiswa KKN Undip juga membuat poster yang terkait dengan pencegahan penyebaran covid-19. Poster tersebut dipasang dibeberapa tempat yang mudah untuk dilihat warga sekitar Kelurahan Jomblang

Kegiatan edukasi tersebut berjalan lancar, dilakukan secara online dan juga secara masif melalui poster secara offline. Masyarakat menyambut dengan antusias serta merasa teredukasi dengan adanya sosialisasi ini. Warga semakin sadar tentang pentingnya protokol kesehatan dan menaati peraturan PPKM. Dengan adanya edukasi atau sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat khususnya warga Kelurahan Jomblang dapat lebih mematuhi protokol kesehatan.

Penulis: M. Raihan Pramudya
Dosen Pembimbing Lapangan: Romadhon, S.Pi., M.Biotech