GEMPAR!!! EDUKASI PROKES 5M OLEH MAHASISWA KKN UNDIP

Semarang (12/8/2021). Covid-19 di Indonesia setiap hari mengalami kenaikan yang semakin tinggi sehingga pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali guna menekan angka penderita covid-19 supaya terjadi penurunan. Kondisi ini membuat M Yordan Daffa Farzabi selaku Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021 melaksanakan program yang bertema “Pembuatan Desain Banner Pengingat Kesadaran Masyarakat akan Protokol Kesehatan 5M untuk Mencegah Penularan COVID-19”. Program ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang akan pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Yordan bekerja sama dengan Ketua  RW 05 mengenai pembuatan banner pengingat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan 5M. Titik pemasangan banner juga sangat dipertimbangkan, karena nantinya banner tersebut bisa mudah untuk dilihat dan dibaca oleh masyarakat sekitar. Perizinan dan koordinasi dilakukan secara online dengan perantara media sosial Whatsapp.

Protokol Kesehatan 5M yaitu:

  1. Memakai masker
  2. Menjaga jarak
  3. Mengurangi mobilitas
  4. Mencuci tangan
  5. Menghindari kerumunan.

Ajakan mematuhi prokes ini dilakukan dengan media banner dengan ukuran 2×1 meter. Point penting yang terlihat jelas dalam banner tersebut yaitu mengenai pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan, melihat situasi pandemi sekarang yang tiap harinya semakin tinggi.

Pemasangan banner pengingat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan 5M yaitu di poskamling sekitar RW 05. Banner dipasang di tempat yang strategis, dengan tujuan nantinya supaya banner tersebut bisa dilihat dan dibaca dengan jelas oleh masyarakat sekitar RW 05.

Respon warga RW 05 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang dalam menerima program ini juga merasa terbantu dan sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dimasa pandemi.

“Terimakasih mas Yordan, Banner ini sangat bermanfaat dan semoga masyarakat sini dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjaga protokol kesehatan 5M dengan baik dan benar”. Ujar Ibu Lastri selaku masyarakat RW 05, namun sayang sekali kegiatan kali ini harus dilaksanakan secara online karena pandemi covid-19 yang semakin tinggi sehingga tidak diperbolehkan menimbulkan kerumunan.

Harapan masyarakat RW 05 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, setelah dilaksanakan program ini masyarakat mampu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan sadar akan pentingnya melakukan protokol kesehatan 5M selama pandemi.

Penulis : M Yordan Daffa Farzabi (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)

DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.