Omzet Naik Drastis! Meningkatkan Penjualan dengan Cepat Memanfaatkan Digital Marketing

Karangrejo, Kota Semarang (01/08) – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 membawa dampak bagi berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan jenis bisnis yang paling banyak mengalami kendala mulai dari menurunnya hasil penjualan, pembeli yang berkurang,  dan lain sebagainya. Bahkan ada yang terpaksa tutup karena tidak mampu bertahan dan mendapatkan kerugian yang tinggi karena jualan yang kurang laku.

Salah satu cara agar UMKM bangkit kembali adalah dengan mengubah orientasi pemasaran menjadi bentuk digital (e-commerce). E-commerce merupakan model bisnis di mana segala aktivitas jual beli dilakukan melalui media elektronik. Secara mudahnya, di zaman dengan teknologi yang semakin canggih telah memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk-produknya secara online. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya di media-media sosial bahkan dengan memberikan informasi titik lokasi yang tersedia di layanan peta daring, sehingga memudahkan customer untuk datang langsung ke lokasi. Sebagian pelaku usaha juga sudah tidak memerlukan lagi lapak dagangan, karena perubahan cara penjualan melalui media sosial dan e-commerce sebagai ruang baru. Maka, pemasaran secara digital atau Digital Marketing adalah upaya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produknya dengan memanfaatkan teknologi.

Namun dalam kenyataannya, hal ini tidak didukung dengan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Hasil survey yang dilakukan di wilayah Kelurahan Karangrejo, terdapat sebagian besar pelaku usaha yang belum melakukan pemasaran secara digital dan memaksimalkan iklan daring. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Sirajuddin Far, melakukan edukasi kepada UMKM yang terdapat di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Edukasi dilakukan berupa sosialisasi berjudul “Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19”. Sosialisasi ini bertujuan agar UMKM di Kelurahan Karangrejo memahami pemasaran secara digital dan daring untuk bisnis pada masa pandemi.

Booklet Digital Marketing

Program dijalankan dengan membagikan booklet yang berisi tentang sejarah digital marketing, penjelasan digital marketing, mengapa diperlukan digital marketing, manfaat Google Ads, serta langkah-langkah menggunakan Google Ads yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang dapat menaikkan traffic menuju halaman penjualan, baik itu ke Instagram, Facebook, Whatssapp, Twitter, marketplace, maupun situs web produk.

Di era industri 4.0 yang serba digital seperti saat ini merupakan suatu peluang yang sangat besar bagi pelaku usaha. Marketing secara digital merupakan cara promosi dan penjualan yang tepat untuk para pelaku usaha. Dengan adanya sosialisasi pentingnya peran media sosial untuk bisnis digital ini, diharapkan dapat membantu UMKM di Kelurahan Karangrejo agar dapat meningkatkan kembali volume penjualannya.

E-booklet dapat didownload melalui link berikut: https://bit.ly/BookletGoogleAds

Penulis : Sirajuddin Faruq, Tim II KKN Undip Periode 2021
Lokasi : Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah
DPL : Tira Hamdillah Skripsa, S.KG., M.Kes.