Pengenalan Biota Laut ke Siswa-Siswi SDN Sidomulyo 3

Sidomulyo, Pati (26/7) – Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro II Kecamatan Jakenan, Desa Sidomulyo telah melaksanakan program mono-disiplin pertamanya. Program ini dilaksanakan setelah melaksanakan survey di lapangan selama 12 hari. Survey yang dilakukan berupa kunjungan ke perangkat-perangkat desa terkait dan sekolah-sekolah di desa setempat.

Setelah melaksanakan survey, Tim KKN Desa Sidomulyo menemukan permasalahan berupa minimnya pengetahuan anak-anak sekolah dasar akan biota laut, terutama dalam hal praktikum. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya peralatan yang dimiliki sekolah-sekolah, sehingga siswa-siswi belum memahami biota laut secara maksimal.

unnamed

Menyadari hal tersebut, Tim KKN Desa Sidomulyo menemukan cara yang kreatif agar siswa-siswi sekolah dasar dapat mengenal lebih dalam serta dapat memelihara biota laut. Bertempat di SD Negeri Sidomulyo 03, Tim KKN Sidomulyo yang berasal dari disiplin Ilmu Kelautan mengadakan program yang berjudul “Mengenal Biota Laut serta Cara Merawatnya”.

Dalam program ini, mahasiswa membawa beberapa spesies laut seperti ikan Hias, Ubur-ubur, Bintang Laut, dan Kepiting ke lokasi program agar siswa-siswi dapat mengenali dan mempelajari biota laut secara langsung dan menarik.

unnamed (2)

Selain itu, mahasiswa Ilmu Kelautan dalam program ini juga mengajari cara membuat akuarium dengan peralatan yang simpel dan harga terjangkau. Akuarium tersebut dibuat dengan bahan berupa stick ice cream dan Bohlam Lampu yang sudah tidak terpakai. Cara membuatnya juga mudah. Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan melubangi bohlam lampu bagian ujungnya. Bohlam ini yang nantinya digunakan sebagai wadah ikan hias nya. Kemudian langkah kedua adalah menyusun stick ice cream, membentuk segi lima menyerupai rumah. Setelah selesai menyusun stick icecream, langkah selanjutnya adalah menggabungkan bohlam tersebut dengan stick ice crem hingga membentuk akuarium mini yang cantik.

Siswa-siswi dengan semangat mempraktikan cara pembuatan akuarium tersebut. Secara bergantian mereka melubangi bohlam, menyusun stick ice cream, menyusun dan membentuk akuarium, serta mengisi akurium tersebut dengan ikan hias yang dibawa oleh kakak-kakak KKN Desa Sidomulyo.