Waspada Narkoba dengan Senam Anti Narkoba

Sidomulyo, Pati (29/7) – Tim II KKN Desa Sidomulyo mengadakan senam anti narkoba bersama dengan siswa-siswi dan guru-guru di SD Negeri Sidomulyo 02. Senam ini diinstruksikan oleh semua anggota tim KKN Univeristas Diponegoro di Desa Sidomulyo.

SD Negeri Sidomulyo 02 merupakan sekolah yang memiliki murid yang cukup banyak dibandingkan dengan SD lain di Desa Sidomulyo, yaitu dengan jumlah 144 siswa. Namun, setelah mengadakan kunjungan survey ke SD ini, Tim KKN Undip memperoleh informasi bahwa SD Negeri Sidomulyo 02 jarang melakukan senam bersama setiap minggunya. Padahal, senam bersama merupakan salah satu kegiatan penting yang seharusnya diadakan oleh sekolah dasar di Indonesia, selain mengadakan upacara bendera.

unnamed (1)

Mengetahui hal ini, Tim KKN Desa Sidomulyo melancarkan program senam bersama dengan menggunakan gerakan senam anti narkoba. Senam ini bertujuan untuk tidak hanya menyehatkan raga dan meningkatkan kebugaran jasmani, namun juga sekaligus melakukan penyuluhan anti narkoba pada masyarakat, dalam hal ini siswa-siswi sekolah dasar.

Usulan untuk mengadakan senam disambut dengan sangat antusias oleh Bapak Kepala Sekolah SDN Sidomulyo 02. Hal ini juga dapat dilihat dari siswa siswi serta guru-guru yang telah siap pada barisannya untuk mengikuti senam ini.

unnamed (3)

Senam antinarkoba pun dimulai setelah semua barisan telah rapih. Senam ini dipimpin oleh Ipa Audina, salah seorang anggota dari Tim KKN Sidomulyo. Semua yang mengikuti senam pagi ini, dengan semangat mengikuti gerakan dari Ipa Audina sebagai instruktur senam pagi ini. Terlihat beberapa orang tua dari siswa pun mengikuti senam pagi ini. Keringat pun cukup bercucuran dengan gerakan-gerakan senam yang sangat energik.

Setelah semua gerakan senam dilakukan, senam antinarkoba ini pun selesai. Semua yang mengikuti senam bertepuk tangan dengan ceria setelah mengikuti senam ini. Sebelum para peserta senam meninggalkan barisan, Tim KKN Desa Sidomulyo menjelaskan beberapa dampak bahaya narkoba dan menanamkan sikap kepada siswa-siswi SD Negeri 02 Sidomulyo untuk siap manjauhi dan memerangi narkoba.