Rapat Perangkat dan Warga Desa Kedungmulyo Menyambut Sedekah Bumi

Kedungmulyo, Pati (22/7)– Perangkat dan warga Desa kedungmulyo melakukan rapat besar menyambut adanya kegiatan sedekah bumi yang akan diselenggarakan pada Bulan Agustus mendatang. Mekanismenya acara sedekah bumi tersebut dilaksanakan di dua dukuh (Dukuh Nglagar dan Dukuh Dongdil) dalam waktu yang berbeda.

IMG_6312

“Sedekah bumi sudah dilakukan secara turun temurun, dua tahapan acara, yang diikuti oleh Dukuh Nglagar dan Dukuh Dongdil. Di Dukuh Nglagar acara menyembelih kerbau lalu dibagikan ke warga dan di Dukuh Dongdil acara nonton Ketoprak bersama,” kata Mbah Wo. Hal tersebut disampaikan kepada anak KKN di Desa Kedungmulyo ketika rapat sedekah bumi, di Dukuh Dongdil.

Rapat sedekah bumi dilaksanakan di kediaman Mbah Wo, Kepala Dukuh Dongdil, yang dipimpin langsung oleh Ibu Kepala Desa Kedungmulyo, Sri Wahyuni S.H. Rapat tersebut dihadiri oleh perangkat desa dan warga Dukuh Nglagar dan Dongdil.

Pak Carik menyatakan, diadakannya ketoprak atau wayang itu tergantung keputusan akhir dari warga desa Kedungmulyo karena tontonan tersebut tidak wajib ada, namun dari tahun ke tahun pasti ada. Menurut hasil rapat tersebut, warga memilih ada acara nonton ketoprak bersama di Dukuh Dongdil yang jatuh pada tanggal 18 Agustus 2017, sedangkan acara menyembelih kerbau di Dukuh Nglagar pada tanggal 15 Agustus 2017.