PELATIHAN JARIMATIKA DAN PENGENALAN BIOTA LAUT SERTA MANFAAT MINYAK IKAN

Tanjungsari, PatiĀ (28/7) – Telah dilaksanakan kegiatan program mono pertama di Desa Tanjungsari yang disampaikan oleh dua mahasiswa sekaligus, yaitu Yunita Puspita Ali dan M. Befferly Argajuna Dede Arta. Keduanya menyampaikan program kerja mono masing-masing dengan sasaran para siswa Sekolah Dasar kelas ketiga yang berjumlah 25 siswa. Kegiatan dimulai dari jam 07.15 dan selesai pada jam 09.00 WIB. Penyampaian program mono pertama berupa pelatihan jarimatika yang disampaikan oleh mahasiswi Yunita Puspita Ali. Dimana siswa-siswi Sekolah Dasar diajarkan menghitung perhitungan matematika dengan metode jarimatika untuk mempercepat perhitungan. Terlihat antusiasme dari siswa-siswi kelas 3 terhadap materi yang disampaikan. Hal ini ditunjukkan dengan semangat mereka mengikuti materi dari awal sampai akhir dan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

REPORTASE 3 Gambar 1

Selanjutnya program mono kedua yang disampaikan oleh mahasiswa M. Befferly Argajuna Dede Arta, yaitu pengenalan biota laut serta manfaat dari minyak ikan. Pada kegiatan ini siswa-siswi kelas 3 diberikan pengetahuan tentang biota laut dan manfaat dari mengonsumsi minyak ikan. Materi yang disampaikan melibatkan keaktifan dan pengetahuan dasar dari siswa kelas 3. Para siswa kelas 3 sangat antusias terhadap materi yang disampaikan, dimana mereka cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Di akhir materi para siswa diajarkan cara membuat origami berbentuk ikan. Hal ini bertujuan untuk menambah kreativitas siswa.

REPORTASE 3 Gambar 2

Demikian kegiatan mono pertama yang dilakukan, diharapkan mampu memberi penambahan pengetahuan dan siswa SDN Tanjungsari semakin aktif dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan bervariasi agar tidak terlalu monoton dengan penghitungan secara manual. Melalui metode jarimatika, siswa dimampukan untuk memiliki jiwa yang inovatif, menerima perubahan dan aktif terlibat kelak sebagai agen perubahan. Demikian pula dalam pengenalan biota laut yang telah diberikan, memampukan anak-anak lebih mengenal dan mau menjaga keutuhan biota laut yang sangat penting saat-saat ini. Kami juga mengapresiasi sekali keaktifan siswa menerima pengajaran yang telah dilakukan pada saat program ini dijalankan.