Mahasiswa KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF 2021 ajak Masyarakat disiplin menggunakan Masker

Demak (18-11-2021) – KKN Universitas Diponegoro

Covid-19 merupakan penyakit yang perkembangannya sangat cepat dan mewabah di beberapa negara, oleh karena itu dalam kegiatan ini Mahasiswa membantu menyukseskan kebijakan pemerintah dalam program KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF 2021 dengan Tema ” “Sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah” diharapkan mampu membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona khususnya di Jawa Tengah sekarang ini. 
Upaya pencegahan covid- 19 dilakukan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dengan menginstruksikan kesadaran dan kepatuhan dalam penggunaan masker ketika di luar rumah. perlu dan sangat penting di lakukan penggunaan masker karena covid-19 dapat menular melalui pernapasan, hal itu sangat berbahaya.

Pembagian masker merupakan salah satu dukungan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan menyadarkan masyarakat untuk patuh menggunakan masker pada saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Pembagian masker dan edukasi tentang cara penggunaan masker yang benar sangat penting diberikan kepada anak-anak karena mereka sangat rentan tertular virus corona. Covid-19 dapat terjadi pada siapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak. Perlunya pencegahan untuk menanggulangi terjadinya penularan COVID-19 pada anak sangatlah diperlukan baik saat anak di rumah maupun di sekolah. Proses edukasi dilakukan dengan menunjukkan kepada mereka cara menggunakan masker yang benar melalui video animasi dari aplikasi youtube agar anak-anak tertarik dan menerapkan apa yang mereka lihat. Edukasi yang diberikan dengan mengajarkan anak tentang cara menggunakan masker yang baik dan benar sesuai aturan WHO merupakan salah satu upaya mencegah resiko penularan Covid-19

Kegiatan pembagian masker kepada masyarakat tentu mendapatkan respon yang positif dari warga desa terutama Ketua RT 03 RW 06, karena dengan adanya kegiatan pembagian masker diharapkan warga dan khususnya anak anak menjadi lebih disiplin lagi dalam menggunakan masker yang baik dan benar.

Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, disarankan bagi warga wilayah Desa Kembangarum, Mranggen, Demak untuk senantiasa menggunakan masker ketika di luar rumah serta menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah sebagai upaya pencegahan covid-19. Untuk mencapai keberhasilan ini, perlu adanya dukungan dan keterlibatan dari seluruh masyarakat di Wilayah Desa Kembangarum, Mranggen, Demak.

Dari hal tersebut Mahasiswa KKN TEMATIK UNDIP x UNICEF 2021 yang dilakukan secara individu sesuai dengan kebijakan kampus yang bertemakan “Sinergisitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan  Vaksinasi serta Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah”, berinisiatif menjalankan program untuk mengajak masyarakat desa Kembangarum RT 03 RW 06 untuk meingkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker khususnya anak anak . Kegiatan yang dilakukan disini mahasiswa membagikan masker, dibagikan secara door to door ke sebagian rumah warga kembangarum. Disamping itu kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai cara untuk pencegahan Covid-19.

Kegiatan tersebut ditempuh tanpa menimbulkan kerumunan warga

Penulis : Novita Roliyanti (Ilmu Budaya 2018)

Dosen Pembimbing : Ir. Gentur Handoyo

KKN TEMATIK 2021 UNDIP X UNICEF