Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengajak dan Mensosialisasikan Tentang Pentingnya Penerapan 3M dan Vaksinasi di Dusun Mijahan, Kelurahan Kwangen, Kabupaten Sragen.

Kabupaten Sragen (20/11/2021), Virus merupakan materi genetik yang diselubungi oleh lapisan protein atau disebut kapsid dan hidup pada sel inang. Seperti halnya Virus komputer yang hanya bisa menyebar melalui jaringan saat menginfeksi komputer, Virus penyebab COVID-19 yaitu SARS-Cov2. Virus dapat menyebar apabila menginfeksi tubuh manusia, yang kemudian menyebar dari orang ke orang. Virus Covid-19 sudah menjadi wabah besar yang menimbulkan banyak sekali dampak bagi seluruh lapisan masyarakat. Wabah Virus ini berdampak pada berbagai macam bidang seperti ekonomi, sosial, pendidikan dan pemerintah.

Budaya penerapan dan pelaksanan 3M pada mayaratakat Dusun Mijahan perlahan mulai lengah dan menghilang. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya adalah beredarnya informasi hoax yang beranggapan bahwa apabila telah vaksin tidak akan tertular Covid-19. Selain itu juga diperparah dengan keyakinan beberapa orang yang tidak mau melaksanakan 3M sehingga berdampak terhadap masyarakat sekelilingnya yang terpengaruh akan hal tersebut. Faktor lain adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan dibuktikan mulai berkurangnya jumlah pengguna masker saat beraktivitas diluat rumah. Upaya pencegahan dan penanggulangan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengedukasi dan mensosialisasikan pada masyarakat dengan memberikan data dan informasi mengenai Covid-19, pentingnya tetap melaksanakan 3M, dan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Dusun Mijahan, Kelurahan Kwangen. Hal tersebut mendasari mahasiswa KKN Tematik Undip x Unicef untuk menyusun dan melaksanakan program eduakasi dan sosialisasi masyarakat tentang penringnya penerapan 3M dan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat.

Gambar 1.  Dokumentasi Kegiatan Edukasi 3M dan Vaksinasi Covid-19
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Strategi menang melawan Covid dapat dilakukan dengan menerapkan 3M dengan baik dan benar. Kegiatan 3M terdiri dari memakai masker, menjaga jarak (menghindari kerumunan), dan mencuci tangan pakai sabun. Pentingnya memakai masker dapat melindungi diri dan orang lain dari kemungkinan tertular atau menularkan Virus Covid-19. Menjaga jarak dengan minimal 2 meter dan semaksimal mungkin untuk menghindari kerumunan. Terdapat 4 aspek yang harus diperhatikan sebelum keluar rumah yaitu siapa (dengan siapa akan bertemu), dimana (tempat umum, tempat privat, atau tempat tertutup), bagaimana (mencari ruang untuk tetap menjaga jarak), dan berapa lama (semakin lama, semakin berisiko). Pentingnya mencuci tangan pakai sabun adalah supaya Virus yang menempel ditangan kita mati. Lakukan mencuci tangan dengan 6 langkah cuci tangan yang benar yaitu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, atau cuci tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Dengan edukasi dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan dan melaksanakan 3M dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-harinya.

Penulis : Ahmad Fa’iq Indra Susilo 26050119130057 (Oseanografi – FPIK)

DPL      : Kurniawan Teguh Martono., S.T., M.T.

Lokasi  : Kelurahan Kwangen, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen

KKN Tematik UNDIP x UNICEF 2021