Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF Gandeng Karang Taruna Ciptakan Herd Immunity Bersama Masyarakat Desa Tlogorejo, Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak

Desa Tlogorejo, Kabupaten Demak (26/11/2021) – Di masa pandemi sekarang ini, kekebalan imun tubuh yang rendah pada masyarakat menjadi tantangan terbesar di tengah pandemi ini. Langkah serta aksi yang telah dilakukan oleh setiap negara masih kurang dan dianggap gagal oleh beberapa peneliti. Hal ini disebabkan karena kekebalan imun pada tubuh yang rendah dapat meningkatkan penyebaran virus Covid 19. Hal tersebut, dapat dirasakan di Desa Tlogorejo. Salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yaitu dengan meningkatkan Herd Immunity. Terbentuknya Herd Immunity atau kekebalan kelompok ini menjadi salah satu upaya dalam memberikan perlindungan secara tidak langsung pada mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular.

Mahasiswa Undip bersama Karang Taruna dan Pemerintah Desa Tlogorejo, Kecamatan Karangawen melakukan Senam Bersama

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF gandeng Karang Taruna Desa Tlogorejo melakukan senam bersama masyarakat untuk menciptakan Herd Immunity. Rani Karoma (Mahasiswa KKN Teamtik) dan Wahyudi (Ketua Karang Taruna Desa Tlogorejo) membuat sebuah kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat Desa Tlogorejo dalam meningkatkan kekebalan imun tubuh. Selain program vaksinasi Covid-19, kegiatan untuk membentuk serta meningkatkan imun tubuh adalah dengan berolah raga minimal seminggu sekali. Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF gandeng Karang Taruna Desa Tlogorejo melakukan senam bersama masyarakat untuk menciptakan Herd Immunity.

Salah satu mudahnya terjangkit penyakit yaitu imun pada tubuh yang rendah sehingga menyebabkan masyarakat mudah terjangkit penyakit. Maka dari itu, masyarakat perlu meningkatkan imun pada tubuhnya di masa pandemic Covid-19 ini. Penularan virus corona sangat rawan terjadi di semua kalangan masyarakat. Harapannya dengan kegiatan senam bersama ini, masyarakat dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab apabila imun tubuh rendah akan mudah terjangkit penyakit terutama virus Covid-19.

Mahasiswa Undip bersama KARANG Taruna dan Pemerintah Desa Tlogorejo

Penulis : Rani Karoma Shifa

DPL : Ir. Gentur Handoyo, M.Si.

Lokasi : Desa Tlogorejo, Kec. Karangawen, Kab. Demak