MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF BERIKAN EDUKASI PENTINGNYA IMUNISASI SELAMA PANDEMI COVID-19

Pelaksanaan Edukasi Pentingnya Imunisasi Selama Pandemi

Klaten (6/11/2021) – Imunisasi merupakan program kesehatan dalam melindungi tubuh dari penyakit. Program ini selama pandemi menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat karena adanya virus covid-19 yang dapat menular. Kasus covid-19 pada saat ini sudah mulai berkurang akan tetapi masyarakat khususnya ibu baduta sebanyak 60% atau 9 dari 15 orang di wilayah Desa Ngemplak masih khawatir untuk melakukan imunisasi baduta selama pandemi. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi pentingnya imunisasi selama pandemi kepada ibu baduta untuk tetap melaksanakan imunisasi sehingga sistem imunitas pada anak terlindungi.

Poster Pentingnya Imunisasi Selama Pandemi

Edukasi pentingnya imunisasi merupakan kegiatan memberikan edukasi dan berdiskusi kepada ibu baduta mengenai imunisasi selama pandemi. Edukasi ini menggunakan metode door to door yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada ibu baduta dalam berdiskusi dan meminimalisir penularan covid-19. Media yang digunakan untuk edukasi yaitu poster. Poster di dalamnya membahas imunisasi penting selama pandemi dan prosedur pemberian imunisasi selama pandemi.

Program edukasi pentingnya imunisasi selama pandemi dilakukan pengisian kuisioner oleh ibu baduta yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi dan penilaian pelaksanaan program ini. Berdasarkan kuisioner yang diisi, ibu baduta memahami materi sebesar 100% dan penilaian pelaksanaan program ini yaitu metode dan media yang digunakan 100% setuju dan sesuai, kegiatan yang bermanfaat, dan dapat mengurangi kekhawatiran imunisasi selama pandemi. Jadi edukasi pentingnya imunisasi selama pandemi dapat mengurangi kekhawatiran pada ibu baduta.

Metode door to door ini sudah tepat untuk melaksanakan sosialisasi, media yang digunakan juga sudah tepat, selama pandemi saya jadi tidak khawatir melakukan imunisasi”, kata Ibu Arum (Ibu Baduta).

Penulis : Deshinta Ramadhani Bastian Putri (Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing : Dra. Ana Irhandayaningsih, M.Si dan Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes