DUKUNG GERAKAN 3M, MAHASISWA KKN UNDIP X UNICEF TEMPEL POSTER DISIPLIN 3M DI DUSUN MAJAPAHIT

Purbalingga (25/11/2021) – Adanya Covid-19 sebagai pandemi global terus menyadarkan kita bahwa kita harus bersiap dan memiliki tameng untuk melawan datangnya virus ini. Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai mengharuskan kita untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satu gerakan yang disosialisasikan dan sangat terkenal dalam pencegahan Covid-19 adalah gerakan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Penerapan 3M dinilai efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Oleh karenanya, berbagai lapisan mulai dari pemerintah, influencer, hingga masyarakat umum mulai menyuarakan kepatuhan terhadap 3M ini. Tujuannya, yang ingin kita capai adalah Indonesia yang bebas dari Covid-19. 

Poster Gerakan 3M

Namun, kepatuhan penerapan 3M ini masih menjadi hal yang asing bagi masyarakat pedesaan, salah satunya di Dusun Majapahit yang berada di Desa Karangturi. Masyarakat masih menganggap Covid-19 adalah penyakit flu biasa dan menganggap Covid-19 sudah tidak ada di masa sekarang ini. Hal inilah yang menjadi alasan seorang mahasiswa jurusan Akuntansi-FEB Universitas Diponegoro bernama Fani Audriyani mengikuti kegiatan KKN Tematik yang diadakan oleh Universitas Diponegoro yang bekerjasama dengan UNICEF. Berangkat dari program KKN Tematik ini, ia dapat mensosialisasikan gerakan 3M secara informal kepada masyarakat di Dusun Majapahit. Pengenalan gerakan 3M ini dilakukan dengan penempelan poster di setiap rumah yang ada di Dusun Majapahit. Penempelan poster ini sudah dilaksanakan seizin dari Ketua RT dan pemilik rumah. Tak hanya menempelkan poster, terkadang banyak masyarakat yang bertanya mengenai kegiatan ini.

“Pada saat kegiatan menempelkan poster 3M, banyak juga masyarakat yang bertanya poster apa itu sehingga menjadi kesempatan saya untuk sekaligus menerangkan secara singkat apa itu 3M dan untuk apa gerakan 3M” ujarnya.

Penempelan Poster di lingkungan Dusun Majapahit
Penempelan Poster di Rumah Warga

Pada saat penempelan poster dilakukan, sebagian besar masyarakat menyambut kegiatan ini dengan antusias dan memperbolehkan penempelan poster di rumahnya. Dengan adanya kegiatan penempelan poster di setiap rumah, harapannya masyarakat akan selalu mengingat dan menerapkan gerakan 3M karena sudah terdapat reminder atau pengingat yang selalu ada di rumahnya untuk tetap melakukan pencegahan Covid-19 melalui 3M. Dan dengan taatnya masyarakat terhadap pencegahan Covid-19 menjadikan Indonesia segera bebas dari Covid-19.

Penulis : Fani Audriyani – Akuntansi 2019 (FEB)

Dosen KKN :

1. Kurniawan Teguh Martono., ST., MT

2. Dr. Ir. Martini, M.Kes