Cegah Cluster Baru Saat PTM, Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Melakukan Sosialisasi 3M di SMP Negeri 1 Juwana

Pati (26/11/2021)- Sejak munculnya virus corona, timbul berbagai masalah. Virus ini tidak hanya menyerang manusia, namun juga memberikan dampak terhadap perekonomian dunia dan mempengaruhi kehidupan social di berbagai penjuru dunia.

Dalam dunia Pendidikan juga tak luput dalam permasalahan akibat virus ini, terutama di Indonesia. Pada awalnya pemerintah menerapkan kebijakan berupa social distancing, kemudian karena dirasa belum cukup, pemerintah kemudian meliburkan berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Meliburkan para siswa bukan berarti tanpa adanya pembelajaran sama sekali, namun pemerintah mengeluarkan kebijakan system pembelajaran dari rumah masing-masing melalui system daring dengan menggunakan berbagai macam platform mulai dari zoom, google meet, Ms Teams, e-student, e-learning, dan media pembelajaran lainnya.

Namun pada saat ini, di Indonesia kasus Covid-19 mengalami penurunan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru lagi yaitu dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Kebijakan ini secara bertahap mulai dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar agar lebih maksimal.

Pembelajaran ini bukan berarti tanpa resiko, hal itu disadari oleh masyarakat. Kekhawatiran ini terbukti dengan munculnya Covid-19 di sekolah yang melakukan PTM. Hal ini dapat menimbulkan cluster baru apabila tidak dilakukan penerapan protocol kesehatan dengan ketat. Penerapan 3M harus selalu digalakkan bagi para sekolah yang melakukan kegiatan PTM.

Sosialisasi 3M di SMPN 1 Juwana

Karnanya untuk menyukseskan Pembelajaran Tatap Muka ini, mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF melakukan sosialisasi mengenai pencegahan Covid-19. Sosialisasi dilakukan di SMP Negeri 1 Juwana. Materi Sosialisasi yang disampaikan adalah mengenai pencegahan corona virus dengan menerapkan 3M. Dalam sosialisasi ini para siswa dianjurkan untuk selalu menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer apabila tidak tersedia tempat cuci tangan dan selalu memakai masker dimanapun dan kapanpun ketika bepergian. Para siswa sangat antusias ketika sosialisasi berjalan. Tak hanya itu penulis juga mengapresiasi kepada para siswa yang aktif dalam bertanya dan menjawab dengan memberikan minuman susu dan memberikan masker kepada setiap siswa. “Terkadang para siswa sulit diatur, gak mau pakai masker setelah sekolah atau pas nongkrong, dengan adanya sosialisasi ini semoga para siswa tersadar akan pentingnya penerapan 3M” ujar Pak Mulyono, salah satu guru SMPN 1 Juwana.

Pemberian Lembar Balik Mengenai 3M pada Setiap Siswa

Pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan lancar serta mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Diharapkan para siswa dan anggota sekolah selalu menerapkan protocol kesehatan agar tidak terjadi cluster penyebaran Covid-19 yang baru dan dapat memutus rantai penyebarannya.

Mengapresiasi Siswa yang Aktif Bertanya dan Menjawab

Penulis: Endah Suprapti Mustikowati (23020119140107), Teknologi Pangan, FPP, Universitas Diponegoro.

DPL: dr. Sri WInarni, M.Kes.

Lokasi KKN: Desa Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

KKN TEMATIK 2021 UNDIP X UNICEF