Pandemi Belum Usai, Mahasiswa KKN UNDIP x UNICEF Lakukan Pemantauan 3M

Japah, Blora- Pandemi covid-19 masih belum berakhir. Maka dari itu, gerakan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga jarak masih terus digalakkan oleh pemerintah. Gerakan 3M penting dilakukan untuk menekan angka penularan covid-19. Gerakan 3M sangat penting untuk dilakukan, apalagi sekarang beberapa fasilitas umum sudah kembali dibuka dan diadakannya program tatap muka di sekolah yang dilakukan secara terbatas

Untuk itu diperlukan pemantauan pelaksanaan 3M tersebut pada fasilitas umum. UNICEF mengajak mahasiswa untuk memantau penerapan 3M masyarakat yang dilakukan mulai tanggal 18 Oktober-28 November. Pemantauan dilakukan pada 1 sekolah dan 1 tempat umum. Pemantauan pada sekolah  sebanyak 2 kali pada saat berangkat dan pulang sekolah. Tata cara Pemantauan 3M sangat mudah yaitu melalui Whatsapp (08115009000)

Hasil pemantauan yang dilakukan Safina Ainul Fauziah, Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF di SMPN 1 Japah yaitu gerakan pemakaian masker serta mencuci tangan sudah cukup baik. Namun, untuk penerapan jaga jarak masi belum cukup baik, siswa masih suka bergerombol. Hasil pemantauan yang dilakukan pada beberapa tempat umum menunjukkan penerapan 3M sudah dilakukan cukup baik.

Mahasiswa juga mengajak masyarakat untuk ikut melaporkan pelaksanaan 3M kepada masyarakat setempat. Melalui kegiatan ini mahasiswa berharap pemerintah dapat membuat kebijakan yang tepat dari pelaporan pelaksanaan 3M yang dilakukan di sekolah dan tempat umum.

Penulis: Safina Ainul Fauziah

Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Martini, M.Kes.