GUNA MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19, MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP 2021 X UNICEF BERIKAN EDUKASI MENGENAI PENTINGNYA PENERAPAN POLA HIDUP SEHAT DAN PROTOKOL KESEHATAN 3M DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Pelaksanaan KKN Tematik Undip x Unicef 2021

Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab, Brebes (27/11) – Pandemi Covid-19 masih berlangsung di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Berbagai kasus positif Covid-19 marak terjadi dimulai pada Maret 2020 hingga sekarang. Tak terelakkan bahwa tingkat positif kasus Covid-19 perlahan-lahan mulai menurun tidak seperti sebelumnya, Berdasarkan Worldometers, total kasus kematian akibat virus corona di Indonesia mencapai 143.077 orang per 21 Oktober 2021. Jumlah itu masih menempatkan kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia peringkat 2 tertinggi di Asia. Peringkat pertama ditempati oleh India dengan total kasus kematian mencapai 452.844 ribu orang. Iran berada di posisi ketiga dengan total kasus kematian akibat virus corona sebanyak 124.585 orang.

Pandemi belum usai tetapi berbagai kegiatan masyarakat mulai berjalan seperti sedia kala, salah satunya adalah maraknya pelaksanaan pembelajaran tatap muka untuk siswa sekolah dasar, siswa sekolah menengah pertama, siswa sekolah menengah atas, hingga ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini tentunya mengkhawatirkan jika dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka tersebut orang-orang di dalamnya tidak memperhatikan mengenai upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh diri masing-masing.

Siswa sekolah dasar cenderung memiliki tingkat kemawasan diri yang cukup rendah bila dibandingkan dengan siswa tingkat menengah pertama dan atas. Mereka perlu diberikan pendampingan dan pengertian mengenai pentingnya menerapkan langkah-langkah yang dapat menghindarkan diri penularan virus Covid-19.

Oleh karena itu, Nur Fatkhiyah, salah satu peserta KKN Tematik Kesehatan Undip 2021, mengadakan suatu program mengenai Edukasi Penerapan PTM Aman, Pola Hidup Sehat, dan Protokol Kesehatan 3M sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Sosialisasi di Masyarakat Usia Dini. 

Dalam pelaksanaan program ini mahasiswa bekerja sama dengan salah satu instansi pendidikan setempat yang dijadikan sebagai target pelaksanaan program. Mahasiswa secara aktif berkoordinasi dengan pihak sekolah mengenai pentingnya hal-hal yang disebutkan tadi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Program tersebut disambut baik oleh para siswa dan guru di sekolah tersebut, MI Ma’ahidil Mubarok. Siswa secara aktif dan antusias bertanya terkait muatan yang disampaikan. Secara umum, mereka sudah mengetahui hal dasar mengenai muatan yang disampaikan oleh mahasiswa, hanya saja perlu adanya bimbingan dan monitoring dari pihak lain agar siswa secara berkelanjutan menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan dimanapun mereka berada. “ Semoga apa yang telah disampaikan oleh mahasiswa dapat memberikan manfaat dan diterapkan oleh para siswa”, ujar salah satu masyarakat setempat.

Penulis : Nur Fatkhiyah

DPL : Adnan Fauzi, S.T., M.Kom., dan Farid Agushybana, SKM, DEA, PhD