Survei UMKM Desa Pegongsoran Kecamatan Pemalang

Tim II KKN UNDIP tahun 2017 yang bertempat di Kabupaten Pemalang, Kecamatan Pemalang, Desa Pegongsoran, melakukan survei UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk program revolusi mental berkaitan dengan labeling, logo dan packaging terhadap produk yang dijual atau diproduksi pada UMKM tersebut. Survei UMKM ini dilakukan pada 6 tempat, yang pertama yaitu pembuatan cobek. UMKM ini merupakan cabang, kemudian untuk yang kedua yaitu industri rumahan pembuatan kripik pisang di RW 02 Desa Pegongsoran. Proses produksinya dilakukan di rumah dan merupakan one man production atau dengan kata lain, proses produksi dan distribusi dilakukan dengan satu orang saja.

Pada UMKM yang ketiga, yaitu usaha jasa konveksi. Usaha tersebut lebih kepada menerima jasa pembuatan pakaian namun untuk logo dan identitas rumah produksinya belum tersedia. Lalu, ada juga industri rumah tangga yaitu pembuatan tempe. Produksinya dilakukan di dalam rumah, dan pemasaran hanya pada lingkup kecil, yaitu tetangga-tetangga, dan pasar terdekat, seperti Pasar Paduraksa Kelurahan Paduraksa.

Rata-rata UMKM tersebut belum memiliki logo, labeling dan packaging yang baik. Sehingga membutuhkan adanya kemasan dan logo yang harapannya dapat memberikan ciri khas produk tersebut dan meningkatkan daya beli masyarakat.

UMKM KONVEKSI
UMKM KONVEKSI

DSC01754

IMG-1336

IMG-1341

IMG-1345