Sosialisasi Masyarakat Karimunjawa Mengenai Pentingnya Backup Data oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip Program Matching Fund Kedaireka 2021

Karimunjawa (3/12/2021) Saat ini, data merupakan suatu hal yang krusial. Hampir semua yang kita lakukan saat ini merupakan data seperti mengambil foto, mengisi formulir, membeli barang, dan lain-lain. Data-data tersebut sebagian besar masih disimpan pada satu tempat seperti hardisk laptop, atau SD Card, flashdisk, atau jenis penyimpanan fisik lainnya. Padahal, menyimpan data hanya pada satu tempat rawan adanya celah kehilangan data.

Backup data merupakan proses untuk membuat salinan data sebagai upaya mencegah kehilangan data dan menyiapkan sistem yang aman sehingga nantinya data bisa kembali dipulihkan. Singkatnya, backup data merupakan kegiatan menduplikat data dan menyimpannya di tempat lain yang aman. Backup data bisa dilakukan dengan tempat penyimpanan fisik eksternal seperti hardisk eksternal, bisa juga dengan menyimpan pada media penyimpanan Cloud seperti Google Drive yang tingkat keamanannya lebih tinggi.

Namun sayangnya, kepahaman masyarakat mengenai pentingnya backup data dirasa masih kurang, dibuktikan dengan sebagian masyarakat yang masih menyimpan data-datanya pada satu tempat saja dan belum terlalu awas dengan besarnya kemungkinan kehilangan data. Maka dari itu, sebagai salah bentuk pelaksanaan program KKN Tematik Matching Fund Kedaireka, salah satu mahasiswa Undip yaitu Aulia Luthfanisa Wibowo (20), melakukan sosialisasi mengenai pentingya backup data. Sosialisasi ini diberikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya data saat ini, juga memberikan informasi mengenai alasan harus rutin melakukan backup data, cara atau tahapan dalam melakukan backup data, dan keuntungan serta kekurangan dari melakukan backup data.

Diharapkan dari diberikannya sosialisasi ini masyarakat akan semakin paham mengenai apa itu backup data, pentingnya backup data, cara backup data, dan kelebihan serta kekurangannya. Diharapkan pula masyarakat terutama yang memiliki usaha mulai menerapkan rutin membackup data agar data yang disimpan semakin aman.

Penulis : Aulia Luthfanisa Wibowo

Program studi : Informatika 2019

Dosen KKN : Satriyo Adhy, S.Si., M.T

Lokasi KKN-T : Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah