Sosialisasi Pentingnya Personal Branding kepada Masyarakat Karimunjawa oleh Mahasiswa KKN Tematik MF-Kedaireka 2021 untuk Mendukung Pemulihan Perekonomian dan Pariwisata Pasca COVID-19

Karimunjawa (2/12/2021) – Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian masyarakat khususnya di lokasi KKN Tematik MF-Kedaireka yaitu Kelurahan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Aktivitas pariwisata yang sebelumnya menjadi andalan para pelaku usaha/ bisnis dalam mencari uang, harus mengalami penurunan pendapatan karena pandemi yang terjadi.

Namun, perlahan keadaan dunia akibat pandemi COVID-19 mulai perlahan membaik berkat adanya berbagai langkah-langkah yang dilakukan pemerintah seperti vaksinasi, protokol kesehatan, hingga PPKM yang berlangsung di hampir seluruh wilayah Indonesia. Memanfaatkan momen yang mulai membaik ini, ada baiknya bagi masyarakat Karimunjawa untuk mulai bangkit dengan mempersiapkan daerah mereka kembali sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Salah satu cara dalam mengenalkan potensi bisnis dan usaha yang dimiliki masyarakat Karimunjawa adalah dengan melalui branding di sosial media. Tidak bisa dipungkiri di zaman yang serba digital seperti saat ini, penggunaan sosial media oleh masyarakat di seluruh dunia menjadi hal yang tidak asing lagi. Semua orang dapat mengakses informasi tentang sesuatu hanya melalui ujung jarinya saja, tanpa terhalang oleh perbedaan waktu dan lokasi. Potensi inilah yang dicoba untuk dimanfaatkan oleh Fikri Yusrihan (20) untuk membantu masyarakat di Karimunjawa agar mampu kembali bangkit setelah pandemi COVID-19 sempat melanda seluruh dunia.

Sosialisasi yang dilakukan meliputi pengetahuan tentang apa itu personal branding, bagaimana penerapan personal branding untuk usaha yang dilakukan, mengapa personal branding itu penting, dan bagaimana cara untuk memulai membangun personal branding di sosial media. Harapannya, melalui sosialisasi pentingnya personal branding yang dilakukan kepada para pelaku bisnis/ usaha di Karimunjawa diharapkan mampu membantu masyarakat untuk lebih sadar bahwa sosial media yang mereka miliki dapat memberikan keuntungan berupa promosi branding diri atau usaha yang sedang mereka jalankan di Karimunjawa kepada seluruh masyarakat di Indonesia bahkan dunia.

Penulis : Fikri Yusrihan

Program Studi: Informatika

Dosen KKN: Satriyo Adhy, S.Si., M.T

Lokasi KKN-T: Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah