Sosialisasi Menjaga Visibilitas Bisnis dengan Google My Business kepada Masyarakat Karimunjawa oleh Mahasiswa KKN-T Karimunjawa Undip 2021

Sosialisasi kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karimunjawa

Karimunjawa (3/12) – Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang menjadi lokasi wisata terkenal atas keindahan lautnya. Terletak di tengah kepulauan sebagai pulau berpenghuni terbesar membuat Pulau Karimunjawa menjadi lokasi menetap pilihan bagi wisatawan dalam negeri hingga mancanegara yang mengunjungi Kepulauan Karimunjawa ini. Hal ini menjadi peluang besar bagi bisnis lokal, baik itu bisnis besar seperti perhotelan maupun bisnis kecil seperti warung depan rumah.

Banyaknya bisnis yang berdiri pun membuat persaingan menjadi sangat ketat. Salah satu hal yang membuat kesuksesan suatu bisnis berada di atas bisnis yang lain yaitu karena pemasarannya yang baik. Hal inilah yang merupakan kelemahan dari kebanyakan bisnis lokal kecil di Pulau Karimunjawa yang kurang mengenal kemajuan dari teknologi informasi.

Lalu, bagaimana cara memasarkan bisnis dengan baik? Kita perlu mulai dari aspek yang paling dasar yaitu visibilitas bisnis. Visibilitas Bisnis adalah seberapa mudah klien dan calon pelanggan untuk mengenali dan menemukan bisnis kita. Sebaik apapun kualitas produk atau jasa suatu bisnis, jika tidak diketahui oleh calon pelanggan maka akan sia-sialah bisnis tersebut. Cara termudah untuk menjaga visibilitas bisnis yaitu dengan memanfaatkan Google My Business (Bisnisku).

Lokasi Bisnis di Google Maps Hasil Pendaftaran Google Bisnisku

Google Bisnisku menyediakan profil bisnis gratis yang memungkinkan kita menjangkau pelanggan dengan mudah di pencarian/penelusuran Google dan Maps. Kedua media tersebut merupakan media utama untuk mendapatkan informasi apapun di era globalisasi sekarang. Wisatawan asing yang tidak kenal dengan daerah penginapan mereka pasti akan mencari informasi yang mereka butuhkan di Google, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini yang menekan interaksi kita dengan orang lain.

Dengan mendaftarkan bisnis kita di Google Bisnisku, kita juga dapat menyerahkan pemasaran bisnis kepada pelanggan, seperti menambahkan foto dan memberikan review atau ulasan mereka di lokasi Google Maps kita. Karena peluang besar yang kurang diketahui oleh masyarakat lokal di Karimunjawa inilah, sebagai salah bentuk pelaksanaan program KKN Tematik Matching Fund Kedaireka, salah satu mahasiswa Undip yaitu Juan Audrica Naufaldy (20) melakukan sosialisasi Menjaga Visibilitas Bisnis dengan Google My Business kepada masyarakat dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karimunjawa.

Sosialisasi kepada Masyarakat Karimunjawa

Sosialisasi yang dilakukan berupa presentasi mengenai apa dan kenapa perlu dijaganya visibilitas bisnis, apa itu Google Bisnisku dan apa saja manfaat yang dapat diperoleh, serta demo pendaftaran bisnis di Google Bisnisku. Setelah itu, dilakukan pembagian pamflet yang menjelaskan cara pendaftaran bisnis di Google Bisnisku supaya ilmu yang disampaikan dapat diulang kembali dan dapat dibagikan kepada orang lain. Sosialisasi ini diberikan dengan tujuan supaya bisnis kecil masyarakat dapat diketahui oleh calon pelanggan lokal maupun asing dan dapat bersaing dengan bisnis besar, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini. Diharapkan sosialisasi ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Penulis : Juan Audrica Naufaldy

Program Studi: Informatika

Dosen KKN: Satriyo Adhy, S.Si., M.T

Lokasi KKN-T: Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah