TIM II KKN UNDIP Bangunsari Gelar Penanaman Mangrove

 

IMG_0798Kendal – Tim II KKN Undip Desa Bangunsari Kendal dan remaja desa Bangunsari serta desa Kartika Jaya melakukan penanaman mangrove  di wilayah pantai desa Kartika Jaya, Kendal Sabtu (29/6) lalu.

Dengan peralatan seadanya, masing-masing menenteng bibit mangrove menuju ke lokasi penanaman yang dulunya adalah lokasi tanaman bakau atau mangrove. Namun, kini di lokasi itu kondisi bakaunya sudah rusak dan nyaris musnah.
Para peserta penanaman mangrove ini tampak berkubang dengan lumpur untuk menanam bibit bakau yang sudah mereka persiapkan.
Di sekitar lahan yang ditanam, tampak pohon-pohon bakau sudah mengering. Sebagian sudah gundul karena pohonnya dijarah dan sebagian lagi kering karena terbakar.

Meski kondisi lahan yang ditanam berlumpur, namun Tim II KKN Undip Desa Bangunsari Kendal dan remaja Bangunsari tampak antusias melakukan penanaman dan tidak khawatir pakaian yang mereka kenakan akan kotor. “Lumpurnya setengah kaki ini”, ujar Askiya Intan Suryani, mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Bangunsari yang mengadakan acara penanaman mangrove tersebut, seraya menunjukkan lumpur yang melekat di celananya.
IMG_0795

“Semua penuh semangat dan dedikasi, meski pakaian kita kotor”, kata dia disambut gelak tawa dan tepuk tangan para peserta lainnya.

Thukul Prasetiyo, Kepala Desa Bangunsari mengatakan, kegiatan ini sangat positif. Terlebih, di daerah yang ditanam pohon mangrove adalah daerah mangrove. Dengan penanaman ini, ia berharap ke depan, akan menambah jumlah ikan sebab ikan bertelur di akar-akar bakau. Selain itu, diharapkan pula wilayah tersebut menjadi kampung wisata mangrove.