Mahasiswa KKN Tematik Undip X Exovillage Mengadakan Pelatihan Promosi Potensi Desa Tegalwaton Melalui Platform Digital

Wisata Senjoyo Desa Tegalwaton

Desa Tegalwaton merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Wilayah Desa Tegalwaton merupakan satu bentang alam dataran tinggi yang tidak jauh dari kaki gunung merbabu. Desa ini yang memiliki daya tarik berupa wisata alam yang cukup banyak, diantaranya yaitu Mata Air dan  Bumi Perkemahan Senjoyo, Kalimojo, Taman Soka, Pacuan Kuda dan masih banyak spot lainnya.

Dalam mengembangkan potensi desa, kegiatan promosi merupakan salah satu aspek penting yang tidak dapat ditinggalkan. Di era digital sekarang ini, kegiatan promosi sebuah produk telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sebagian besar pemilik usaha telah memasarkan produk barang atau pun jasanya melalui platform digital. Hal tersebut juga terjadi pada sektor pariwisata, begitu banyak informasi mengenai wisata di Indonesia yang terekspos di dunia digital. Hal ini tidak hanya mempermudah wisatawan menemukan informasi, tetapi digitalisasi informasi ini juga memberikan dampak ekonomi masyarakat setempat.

Pada awal kegiatan program, mahasiswa melakukan observasi lapangan dalam rangka identifikasi potensi desa di Desa Tegalwaton, Kabupaten Semarang.

Observasi Lapangan

Mahasiswa KKN Tematik di Desa Tegalwaton ini bekerja sama dengan Kepala Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalwaton. Setelah mendapat perizinan dari kepala desa,  mahasiswa KKN diarahkan untuk menemui dan berkoordinasi dengan pokdarwis dalam rangka pembentukkan kader promosi potensi desa dan pelatihan literasi digital platform exovillage. Dalam pertemuan pertama dengan Pokdarwis Desa Tegalwaton, terbentuk kader promosi potensi desa sebanyak 4 orang. Pada pertemuan selanjutnya diadakan pelatihan awal melakukan promosi potensi desa melalui platform exovillage. 

Pelatihan Promosi Potensi Desa Melalui Platform Exovillage

Tidak hanya itu, kader promosi potensi desa juga mengikuti pelatihan dasar mengenai mapping, branding dan storytelling dari mahasiswa secara kolektif melalui zoom. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi kader promosi potensi desa dalam mengembangkan potensi desanya.

Pelatihan Dasar Branding, Mapping dan Storytelling

Selain program diatas, mahasiswa juga menyusun roadmap pengembangan potensi wisata desa dalam jangka waktu 5 tahun yang akan datang. Roadmap ini kemudian diserahkan kepada Kepala Desa Tegalwaton. Roadmap ini harapannya dapat direalisasikan oleh perangkat desa dan segenap masyarakat Desa Tegalwaton dalam rangka pembangunan wisata desa.

Penulis:

  1. Anita Widy Astuti – Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip
  2. Amalia Solikhati – Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip

KKN Tematik Universitas Diponegoro Kolaborasi dengan Exovillage Periode 26 Oktober-26 Desember 2021