Mahasiswa KKN Tematik KHDTK UNDIP Melakukan Pembuatan Touchless Handsanitizer Dengan Sistem Injak di Desa Susukan, Ungaran Timur

Susukan, Ungaran Timur, Semarang (26/12), KKN Tematik KHDTK batch II yang dilaksanakan di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang dimulai sejak 9 November hingga 24 Desember 2021. Seluruh mahasiswa yang berpartisipasi telah menjalankan program-program yang diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang terdapat di Desa Susukan. Salah satu permasalahan yang ada di Desa Susukan yaitu minimnya fasilitas cuci tangan di fasilitas umum. Pandemi COVID-19 masih melanda dunia terutama di Indonesia, dan kabar terbaru Covid-19 dengan varian baru telah terdeteksi di Indonesia. Langkah awal dalam mencegah penyebaran Covid-19 yaitu salah satunya dengan cara mencuci tangan menggunakan handsanitizer sebelum melakukan aktivitas maupun setelah menyentuh permukaan suatu objek.

Penyerahan Alat kepada Ketua RT Setempat

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN-T KHDTK Undip membuat touchless handsanitizer untuk meminimalisir kontak pada permukaan handsanitizer menggunakan pipa PVC dengan sistem injak. Alat dirancang untuk mudah ditiru oleh masyarakat sehingga dapat memudahkan jika akan melakukan pembuatan massal. Pembuatan dapat menggunakan pipa PVC sisa maupun baru yang kemudian dipotong sesiao dengan ketinggian yang dikehendaki. Alat yang telah dibuat dan dirakit oleh mahasiswa kemudian diserahkan ke Ketua RT 05/RW 05 untuk meminta izin meletakkan alat di Mushola yang ada di RT tersebut. Peletakkan alat di mushola disertai pemasangan poster cara penggunaan alat pada mading mushola agar warga dapat memahami penggunaan alat dan awas terhadap pentingnya mencegah penularan dengan cara mencuci tangan.

Peletakkan Alat di Mushola Terdekat
Pemasangan Poster

Penulis: Arvy Yudha Sadewa (FT Undip-2018)
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Suryanti, M.Pi
KKN Tematik KHDTK Wana Dipa Batch II – 2021