HEBOH!!! Mahasiswa KKN UNDIP adakan kegiatan Psikoedukasi Motivasi Belajar Siswa SD
Boyolali (22/01/2022) – Pandemi Covid-19 di Indonesia terjadi hampir 3 tahun lamanya, dampak pandemi telah dirasakan seluruh masyarakat Indonesia tidak hanya dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya pandemic Covid-19 juga berdampak pada bidang pendidikan. Dampak yang paling menonjol yakni membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi terhambat, sehingga motivasi siswa dalam belajar menurun . Oleh karena itu Anggi Kumalasari salah satu mahasiswa KKN Undip , merancang sebuah kegiatan belajar sambil bermain guna memberikan Psikoedukasi Motivasi Belajar siswa SD Negeri 1 Mojolegi.
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak atau stimulus dari dalam diri siswa yang dapat meningkatkan kegiatan belajar, psikoedukasi menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang diharapkan dalam belajar dapat tercapai.

“harapannya melalui kegiatan ini siswa dapat menumbuhkan motivasi belajar khususnya pada masa pandemi ini. Sehingga prestasi akademik siswa tidak menurun, siswa menjadi semangat dalam belajar dan berjuang untuk menggapai impiannya” ujar Anggi sebagai penanggung jawab kegiatan.
Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yang mana kegiatannya ditujukan untuk siswa kelas 5A dan kelas 5B secara bergantian. Siswa sangat antusias dan bersemangat selama mengikuti kegiatan psikoedukasi motivasi belajar ini. Media yang digunakan oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan yaitu stiker ekspresi dan pohon harapan. Mahasiswa memilih 2 media ini agar menarik perhatian siswa untuk melakukan psikoedukasi motivasi belajar. Terbukti bahwa dengan metode ini siswa menjadi lebih aktif dalam menerima pembelajaran psikoedukasi, siswa juga aktif dalam bertanya dan dapat memfokuskan diri pada apa yang disampaikan oleh mahasiswa.
“saya sangat senang dan bersemangat dalam menerima pembelajaran, karena belajar sambil bermain sangat menyenangkan” ujar FA salah satu siswa kelas 5A selama melakukan kegiatan.

Rangkaian dari kegiatan ini yang pertama dimulai dari penerapan protokol kesehatan. Selanjutnya menempelkan stiker ekspresi pada kertas yang sudah disiapkan, yang mana kegiatan ini bertujuan agar siswa menjadi lebih tertarik selama kegiatan dan juga untuk mengetahui bagaimana perasaan dari siswa. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Motivasi belajar dengan menggunakan video. Tujuan dari kegiatan ini agar siswa SD dapat mengetahui pentingnya motivasi belajar dalam proses akademik. Kegiatan selanjutnya yaitu sharing session dengan siswa SD terkait keluh kesah proses belajar selama masa pandemi. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan menulis harapan dan impian siswa yang nantinya digantungkan pada pohon harapan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar siswa memiliki harapan untuk impian-impiannya dan lebih semangat lagi dalam belajar untuk mencapainya. Pada sesi ini siswa sangat antusias dan bersemangat untuk menuliskan harapan-harapannya.
Dari kegiatan tersebut Siswa dan pengajar berharap agar kegiatan psikoedukasi motivasi belajar ini dapat meningkatkan kembali semangat akademik siswa ditengah maraknya pandemi Covid-19.
Penulis : Anggi Kumalasari
Editor : Bapak Abdi Sukmono, ST., MT