Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga Mengenai Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Lamongan (24/01/2022). Pandemi COVID-19 masih berlanjut bahkan sekarang muncul varian baru COVID-19 Varian Omicron. Hal tersebut menyebabkan diberlakukannya kebijakan pembatasan kegiatan sosial kemasyarakatan. Hal ini  menyebabkan Universitas Diponegoro mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 dilakukan secara mandiri di tempat tinggal masing-masing atau “KKN Pulang Kampung”. Pelaksanaan KKN yang dilakukan secara mandiri ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Kajian yang dibuat oleh Kementerian Keuangan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan implikasi negatif bagi perekonomian domestik seperti penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat, penurunan kinerja perusahaan, ancaman pada sektor perbankan dan keuangan. Sehingga banyak para pemilik usaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang gulung tikar karena pendapatannya yang menurun dan banyak warga yang bekerja sebagai pegawai suwasta yang terkena PHK dari dampak pandemi sehingga pendapatannya menurun.

Akbar Masnur Achmad Al w salah satu mahasiswa KKN Tim I Undip yang berasal dari Fakultas Ekonomika Dan Bisnis  jurusan Akuntansi ini menyadari bahwa pengelolaan keuangan yang tepat di kondisi pandemi pasti sangat di perlukan oleh rumah tangga. Oleh karna itu ia memasukkan program “Edukasi Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi”  ke salah satu program kerja KKN nya.  

Edukasi ini menarget Warga RT 03 RW 01 Desa Blawirejo yang sudah berumah tangga. Program edukasi ini diadakan secara online melalui panggilan WA Grup Warga RT 03 RW 01 Desa Blawirejo dengan membagikan materi Ebook mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga di masa pandemi. Hal tersebut dilakasanakan untuk meminimalkan pertemuan secara langsung dengan warga yang sulit terjangkau dan untuk meminimalkan kontak langsung dengan warga guna mencegah penyebaran COVID-19 Varian Omicron. 

“Semoga program edukasi ini nantinya dapat diimplementasikan oleh para warga maupun pelaku UMKM di RT 03/ RW 01 Desa Blawirejo agar dapat membantu menjaga kestabilan arus kas keluar-masuk dan meningkatkan pengelolaan keuangan sehingga para pemilik usaha maupun warga sekitar dapat bertahan di masa pandemi saat ini,” ujar Ketua RT 03 Kasmidi.

Penulis: Akbar Masnur Achmad Al w (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dosen Pembimbing : Rachma   Purwanti, S.KM, M.Gizi