Apa itu Peta? Yuk Mengenal Media Pembelajaran yang Satu ini!

Semarang (22/01/2022) – Pendidikan pada anak usia dini sangat penting dalam membentuk karakter, pengetahuan, sikap, dan keterampilan seorang anak. Penyajian materi dengan disertai peragaan dan alat bantu dalam proses belajar mengajar sangat penting dalam memperlancar pemahaman anak usia dini. Peta merupakan salah satu media pembelajaran visual yang dituangkan ke dalam gambar berupa bentuk kenampakan muka bumi.

Sabtu, 22 Januari 2022 saya melakukan pembelajaran kepada murid PAUD Mawar Putih pada RW 9 Kelurahan Gajahmungkur. Proses belajar diawali dengan melaukan senam pagi yang diiringi lagu anak-anak untuk mendorong rasa semangat.

Awali sekolah dengan senam pagi

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi berupa menempel gambar. Dalam hal ini, anak PAUD dilatih untuk menyatukan kedua gambar yang saling berpotongan.

Proses belajar mengajar di PAUD Mawar Putih RW 9

Istirahat dengan memakan bekal yang dibawa masing-masing dari rumah. Mereka tampak lahap menyantap bekal berupa snack ringan menunjukkan betapa lelah dan lapar setelah mengikuti sampai pada pertengahan sekolah.

Waktu istirahat untuk makan snack dan bermain

Lalu tiba giliran saya untuk membawa media pembelajaran yang telah disiapkan. Saya memperkenalkan apa itu peta, dan menyebutkan apa saja pulau yang terletak pada peta Indonesia yang saya bawa.

Menjelaskan apa itu peta kepada anak-anak PAUD

Setelah itu, dilanjut dengan menempel peta sesuai dengan letaknya beserta flora dan fauna khas masing-masing pulau. Anak-anak sangat cerdas dan mampu memasangkannya sesuai dengan bentuk pulau yang ada.

Membantu anak-anak PAUD dalam memasangkan gambar

Berikut merupakan beberapa hasil dari proses belajar mengajar dengan media peta yang saya bawa:

Hasil menempel pulau-pulau di Indonesia pada letaknya

Penulis: Arnetta Tia Nur Maliha

Dosen Pembimbing: Desyta Ulfiana, S.T., M.T.