AYO MINUM SUSU! Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Gerakan Minum Susu Untuk Anak- Anak Dengan Tujuan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak dan Tumbuh Kembang Anak.

Kutoarjo (19/01/2022) – Pelaksanakan KKN Tim I UNDIP 2021/2022 sudah berlangsung selama dua minggu lebih, tentunya mahasiswa KKN sudah melaksanakan program kegiatan yang direncanakan. Anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan kualitasnya agar menjadi penerus dengan kualitas unggul. Hal tersebut dapat didukung dengan meningkatkan kecerdasan setiap anak untuk dapat tumbuh kembang secara baik dan normal diusianya masing-masing.

Hal tersebut membuat mahasiswa Peternakan, Universitas Diponegoro Semarang, Windar Sintia Rahmawati memberikan sosialisasi tentang manfaat minum susu terhadap anak-anak di Gang Tegal, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Program ini dilakukan secara offline pada saat melakukan bimbingan belajar, kemudian dilanjutkan sosialisasi tentang manfaat minum susu dan gerakan minum susu Bersama. Sosialisasi dibantu dengan media poster. Hal tersebut dapat membantu anak-anak untuk dapat belajar membaca tulisan yang ada diposter tersebut.

Membagikan Poster Manfaat Minum Susu

Setelah dilakukan sosialisasi tentang manfaat minum susu, mahasiswa KKN membagikan susu UHT untuk diminum bersama-sama. Selain susu UHT juga diberikan sticker dengan tulisan “Gerakan Minum Susu” yang bertujuan untuk membuat anak-anak Gang Tegal bersedia untuk meminum susu setiap harinya untuk kebutuhan tumbuh kembang dan kecerdasan otak anak. Tujuan diadakan gerakan minum susu karena dilihat dari kondisi lingkungan sekitar di Gang Tegal sangat padat penduduknya sehingga jumlah anak-anak cukup banyak dan pada masa anak-anak sangat perlu memperhatikan proses tumbuh kembang anak baik itu dari kecerdasan otak ataupun perkembangan fisik anak. Hal tersebut dapat didukung dengan minum susu setiap hari, karena didalam susu banyak kandungan yang dibutuhkan anak-anak untuk proses tumbuh kembang anak. Tidak hanya susu UHT yang dapat dikonsumsi oleh anak, namun sudah banyak pengolahan produk dari bahan baku susu seperti yakult, yogurt, susu full cream dan sebagainya. Hal tersebut dapat memudahkah anak untuk memilih susu favorit anak untuk dapat dikonsumsi setiap hari.

Minum Susu Bersama

Program kerja ini diikuti dengan penuh semangat dan antusias oleh anak-anak di Gang Tegal. Anak -anak merasa senang ketika diberikan pertanyaan seputar manfaat susu sehingga terjadi komunikasi dua arah dan membuat suasana tidak membosankan.

Penulis : Windar Sintia Rahmawati (Peternakan – FPP)

DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.