TIM I KKN UNDIP 2021/2022 Mengadakan Kegiatan Pembuatan, Edukasi, dan Penyerahan Alat Hand Sanitizer Otomatis

Adanya varian baru dari virus covid-19 seperti omicron merupakan suatu pertanda bahwa pandemi  masih terus berlanjut sampai saat ini. Semenjak awal pandemic sampai sekarang ini banyak cara dilakukan untuk mencegah penularan virus dan menekan angka kasus positif covid-19 mulai dari cara sederhana seperti mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Sayangnya, akhir-akhir ini sudah banyak masyarakat yang tidak lagi mematuhi  protocol kesehatan dan menyepelekan upaya pencegahannya. Padahal  sudah banyak kegiatan yang dilakukan secara offline baik di sekolah, perkantoran maupun masyarakat yang tentunya menyebabkan banyak orang berkumpul dalam suatu ruangan yang sama seperti berikut :

(Contoh Kegiatan yang Dilakukan Bersama-sama dalam Suatu Tempat)
(Contoh Kegiatan yang Dilakukan Bersama-sama dalam Suatu Tempat)

Kegiatan offline bukanlah suatu kesalahan jika dilakukan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan. Salah satu protocol kesehatan yang sederhana adalah mencuci tangan dengan hand sanitizer untuk membunuh kuman dan virus. Kita tau bahwa angan merupakan anggota tubuh yang menjadi media penyebaran dan penularan kuman penyakit maupun virus sehingga penggunaan alat protokol kesehatan secara bersama-sama dan bergantian seperti hand sanitizer sebaiknya dihindari. Permasalahan yang didapatkan di lokasi KKN adalah kurangnya kesadaran untuk membawa hand sanitizer masing-masing sehingga diperlukannya persediaan alat hand sanitizer pada suatu tempat yang sering dikunjungi banyak orang. Oleh karena itu, TIM I KKN UNDIP RW 06 Kel.Manyaran mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat di perkuliahan dalam kegiatan Multidisplin II dengan membuat alat hand sanitizer otomatis dengan system sensorik sehingga dapat digunakan tanpa sentuhan tangan secara langsung.Pembuatan alat dan pemasangan servo dilakukan selama 3 hari.

Kelompok KKN tidak hanya membuat alat tetapi juga melakukan edukasi dengan sosialisasi cara penbuatan, pemakaian dan perawatan alat disertai berkas-berkas pendukung seperti poster dan buku panduan yang diselenggarakan dan diserahkan pada acara posyandu remaja di balai RW 06 pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 pukul 19.00 s/d 22.00. Berikut merupakan dokumentasi acara multidisplin II :

(Edukasi mengenai cara pembuatan, pemakaian dan perawatan alat)
(Penyerahan Buku Pedoman Pembuatan Alat Hand Sanitizer Otomatis)
(Penyerahan Alat Hand Sanitizer Otomatis dan Foto Bersama dengan DPL, Bu RW, Ketua PIK-R dan Perwakilan Masyarakat)

Melalui program ini diharapkan alat hand sanitizer otomatis dapat bermanfaat dan sewaktu-waktu jika masyarakat ingin membuat alat sendiri maka dapat menggunakan buku panduan yang sudah diberikan.

Penulis : Hafizatur Rahmi (24050118120022/Statistika/FSM).
DPL : Novia Sari Ristianti S.T., M.T.
Lokasi : Kel.Manyaran, Kec.Semarang Barat,Kota Semarang