Kelurahan Brebes dan KKN UNDIP Giatkan Vaksinasi Capai Kekebalan Komunitas

Brebes (01/02/2022) – Kabupaten Brebes memiliki capaian vaksinasi yang rendah. Pernyataan ini dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Vaksinasi Brebes tercatat hanya mencapai 50% dari total 1,5 juta jiwa sasaran. Oleh karena itu, Kabupaten Brebes tengah menggiatkan program vaksinasi warga untuk mencapai target 75%. Keberhasilan program ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak, baik pihak pemerintah, masyarakat, dan pemuda daerah. Kelurahan Brebes sendiri bekerjasama dengan mahasiwa peserta KKN UNDIP untuk melaksanakan program vaksinasi di Kantor Kelurahan Brebes.

Program vaksinasi di Kantor Kelurahan ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 08.00-12.00. Bersama UNDIP, Kelurahan Brebes melaksanakan program vaksinasi dari tanggal 05-15 Januari 2022. Jenis vaksin yang tersedia adalah dosis 1 maupun dosis 2 dengan merk Sinovacc, Morderna, dan Pfizer. Vaksin ini tersedia untuk masyarakat usia 12 tahun ke atas.

Pelaksanaan Vaksinasi di Kantor Kelurahan Brebes



Masyarakat Kelurahan Brebes merasa terbantu dengan tersedianya vaksinasi di kantor kelurahan. Mahasiswa peserta KKN UNDIP dalam hal ini membantu dalam proses pendataan dan pelayanan. Pendataan penting untuk memastikan data yang ada di Kelurahan Brebes sesuai dengan data di lapangan.

Selain dilakukan di Kantor Kelurahan Brebes, vaksinasi juga dilakukan secara door-to-door di rumah warga. Hal ini sungguh memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu keluar rumah. Vaksinasi door-to-door ini juga bertujuan untuk memastikan kebenaran data vaksinasi masyarakat milik pemerintah dengan data vaksinasi di lapangan.

Pelaksanaan Vaksinasi Siswa Sekolah Dasar
Pelaksanaan Vaksinasi Door-to-Door
Pelaksanaan Vaksinasi Door-to-Door



Pelaksanaan program vaksinasi ini diharapkan mampu meningkatkan capaian vaksiansi di Kabupaten Brebes dapat mencapai 75%. Dengan tercapainya target vaksinasi, maka Kabupaten Brebes dapat menciptakan kekebalan komunitas. Langkah ini tidak lain adalah bentuk dari perlawanan terhadap pandemi COVID-19.

Penulis: Zahra Amardina Ayuningtyas
DPL: Dr. Siti Fatimah, M.Kes.