Tingkatkan Kekebalan Tubuh Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Tim 1 Tahun 2022 Ajarkan Masyarakat Membuat Jamu Tradisional “ Wedang Uwuh”

Adanya pandemi Covid-19 mulai dari tahun 2020 hingga sekarang tahun 2022 belum juga berakhir. Dalam hal ini masyarakat harus senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak terkena Covid-19. Terlebih lagi di Kota Tegal, khususnya warga Kelurahan Panggung banyak yang terkena virus corona. Dari kasus tersebut dapat diketahui bahwa imunitas masyarakat sekitar cukup rendah.

 Berangkat dari permasalahan tersebut, Gina Prasasya sebagai mahasiswa KKN Undip Tim 1 Tahun 2022, Jurusan Antropologi Sosial membuat program “Pendampingan Pembuatan Jamu Berbahan Rempah-Rempah Untuk Kesehatan Dan Peningkatan Imunitas Tubuh Dalam Upaya Pencegahan Covid-19” yang merupakan solusi yang tepat dari permasalahan diatas. Program ini ditujukan kepada Ibu-ibu PKK RW 06 dengan harapan nantinya mereka dapat membuat jamu tersebut kepada keluarganya masing-masing agar kekebalan tubuhnya meningkat.

Pemaparan Materi Cara Pembuatan dan Khasiat Jamu Tradisional “Wedang Uwuh”

Program ini dilaksanakan pada hari sabtu, 22 Januari 2022 pukul 16.00 WIB bertempat di Balai RW 06 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Peserta dalam kegiatan ini adalah Ibu-ibu PKK RW 06 Kelurahan Panggung. Adapaun dalam program ini disampaikan materi mengenai apa itu wedang uwuh, bagaimana cara membuatnya, dan khasiat apa saja yang terkandung di dalam wedang uwuh tersebut. Dan juga dalam kegiatan ini dibagikan sampel wedang uwuh kepada masing-masing peserta untuk dapat dibuat sendiri dirumah.





Sampel Wedang uwuh untuk dibagikan kepada Ibu-ibu PKK RW 06 Kelurahan Panggung

Wedang uwuh adalah minuman khas Yogyakarta. Minuman ini sangat mudah dibuat dan mudah didapatkan juga bahan bakunya. Selain itu yang paling penting adalah wedang uwuh ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh untuk meningkatkan kekebalan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Dan tak kalah penting yaitu minuman ini berbahan alami dan tidak ada bahan kimia di dalamnya.

Harapan dari adanya program ini adalah yang pertama Masyarakat dapat menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19 dengan rutin meminum jamu berbahan rempah-rempah seperti wedang uwuh karena mempunyai banyak sekali manfaat di dalamnya.  Dan yang kedua yaitu Masyarakat dapat membuat sendiri jamu berbahan dasar rempah-rempah seperti wedang uwuh dan jamu lainnya kepada keluarganya masing-masing agar kekebalan tubuhnya meningkat.

Penulis: Gina Prasasya

DPL: dr. Siti Fatimah, M.Kes.

Lokasi: RW 06 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal