Kasus Covid-19 Omicron Naik, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022 Lakukan Aksi Pencegahan dengan Pengadaan Tempat Cuci Tangan di Minggon Jatinan Batang

Penyerahan Tempat Cuci Tangan di Minggon Jatinan

Kauman, Batang (4/02/2022) – Pandemi Covid-19 belum usai, kini varian baru bernama Omicron telah masuk mewabah di Indonesia dengan peningkatan kasus yang pesat mengawali tahun 2022 ini. Saat ini, di Kabupaten Batang tecatat adanya 10 kasus baru Corona, dimana satu diantaranya telah terdeteksi sebagai varian Omicron.

Adanya kasus Covid-19 Omicron di Indonesia, membuat masyarakat seharusnya lebih waspada dan aware terhadap kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Kenaikan pesat kasus Covid-19 Omicron dan kendornya masyarakat Batang akan protokol kesehatan membuat mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022 berinisiatif untuk mengadakan tempat cuci tangan di tempat keramaian, yaitu di Pasar Minggon Jatinan sebagai salah satu perwujudan dari 6M protokol kesehatan, yaitu rajin mencuci tangan.

Hutan Kota Rajawali dipilih sebagai tempat untuk peletakan tempat cuci tangan, dengan alasan ramainya tempat tersebut sebagai tempat wisata sekaligus icon di Kabupaten Batang. Selain itu, di Hutan Kota Rajawali (HKR) diselenggarakan pula Pasar Minggon Jatinan, dimana merupakan acara rutin yang diadakan setiap Hari Minggu pagi, bernuansa pasar yang menjajakan jajanan tradisonal dan mengusung tema go green yang tentunya membuat tempat tersebut ramai dikunjungi.

Peletakkan tempat cuci tangan ditempatkan di titik yang belum terdapat tempat cuci tangan dan bisa dijangkau oleh masyarakat secara mudah. Tempat cuci tangan ini terbuat dari tanah liat mengingat tema dari Minggon Jatinan yaitu go green. Penyerahandan peletakan tempat cuci tangan kepada pihak Pasar Minggon Jatinan dilakukan pada Hari Sabtu, 30 Januari 2022.

Tempat Cuci Tangan oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022

Adanya penambahan tempat cuci tangan tersebut, diharapkan agar masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri guna pencegahan penyebaran kasus Covid-19.

Penulis : Arzana Farida (Fakultas Kesehatan Masyarakat-2018)
Dosen Pembimbing : Solihin S.Si., M.Sc