Membangun Semangat Literasi Pada Anak Usia Dini, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Pengenalan Pendidikan Pra-Literasi Bertajuk “Learning By Playing”

Pelaksanaan KKN TIM I 2021/2022

Literasi pada anak adalah sebuah keterampilan membaca dan menulis seorang anak. Adapun menurut Education Development Center (EDC) literasi memiliki arti yang lebih luas dari itu, yakni sebuah usaha dan keterampilan seseorang dalam memaksimalkan keahlian dan potensi yang dimilikinya sebagai anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Pemberian materi literasi pada anak akan membuat lahirnya anak-anak yang cerdas dalam membaca, menulis, cerdas dalam akademik, intelegensi, serta cerdas dalam kontrol emosional.

Pendidikan literasi untuk anak menjadi sangat penting dilakukan sekarang ini, mengingat perkembangan jaman yang semakin kompetitif. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi yang terjadi di Indonesia, karena perkembangan literasi di Indonesia saat ini masih rendah.Pendidikan literasi untuk anak menjadi sangat penting dilakukan sekarang ini, mengingat perkembangan jaman yang semakin kompetitif. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi yang terjadi di Indonesia, karena perkembangan literasi di Indonesia saat ini masih rendah.

Atas dasar permasalahan tersebut, penulis mengadakan program kerja yaitu “Learning By Playing: Pengenalan Pendidikan Pra-Literasi Pada Anak Usia Dini” di sekolah PAUD Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten (28/01/2022).

Proses pembelajaran diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pengenalan huruf abjad. Anak-anak kemudian diminta untuk menyusun huruf abjad dengan alat permainan edukatif ‘kotak huruf’ yang telah disediakan. Cara memainkan permainan ini adalah dengan memasukkan stik ice cream yang sudah diberi huruf yang sama dengan yang ada di kotak.

Dengan metode pembelajaran ini, selain mengenal dan mengetahui huruf abjad, anak-anak usia dini juga dapat mengetahui warna pada kertas origami yang bertuliskan huruf. Selain itu, kegiatan ini juga dapat melatih perkembangan bahasa anak dalam hal pengucapan kata.

Melalui program pendidikan literasi yang diberikan pada anak-anak usia dini di sekolah PAUD Desa Manjungan diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang cerdas dan mampu memaksimalkan keahlian serta potensi diri yang dimilikinya.