##Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Siswa Peduli Akan Pedoman Gizi Seimbang

Penulis : Santika Nur Candra Setyowati (Fakultas Kesehatan Masyarakat/ 25000118120117)

#KKNTIMIUNDIP2022, #LPPMUNDIP, #KKNUNDIP2022, #UNDIP, #P2KKN, #PotensiDesa

Whats-App-Image-2022-02-05-at-12-21-24-AM
Penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang

Semarang (05/02/22) – Di masa pandemi Covid-19 ini beberapa orang melakukan aktivitas di rumah, akan tetapi tidak semua orang mau meluangkan waktunya untuk memasak makanannya sendiri dan lebih memilih untuk memesan makanan dari luar yang belum tentu bergizi. Gizi yang tidak baik berkaitan dengan kesehatan yang buruk dan sebagai faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Pencegahan timbulnya masalah gizi tersebut, memerlukan kegiatan edukasi pedoman Gizi Seimbang yang bisa dijadikan sebagai panduan makan, beraktivitas fisik, hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

Strategi yang digunakan oleh Mahasiswa KKN dalam menghadapi masalah diatas yaitu mengadakan edukasi kepada siswa terkait pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang  bertujuan untuk memberikan panduan konsumsi makanan sehari-hari dan berperilaku sehat berdasarkan prinsip konsumsi aneka ragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal. Kegiatan ini dilakukan di SDN Muktiharjo Kidul 04 yang terletak di wilayah RW 02 Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang dengan waktu pelaksanaan yaitu pada hari sabtu tanggal 29 Januari 2022.

Whats-App-Image-2022-02-05-at-12-34-21-AM
Poster Pedoman Gizi Seimbang

Kegiatan yang Mahasiswa KKN UNDIP lakukan yaitu berupa kegiatan penyuluhan pentingnya pedoman gizi seimbang, dan diteruskan dengan sesi pemasangan poster di papan mading sekolah. Saat melakukan penyuluhan diketahui bahwa sebagian siswa belum sarapan dan tidak membawa minuman. Oleh karena itu mahasiswa KKN memberi saran agar siswa dapat sarapan dahulu sebelum sekolah dan membawa botol minum sendiri-sendiri dari rumah agar tidak kekurangan minum.

Whats-App-Image-2022-02-05-at-12-21-20-AM-2
Penempelan Poster Pedoman Gizi Seimbang

Diharapkan dengan adanya program Mahasiswa KKN untuk mengajak siswa peduli akan pedoman gizi seimbang, maka siswa akan lebih mengetahui terkait pedoman gizi seimbang seperti konsumsi makanan beragam, batasi konsumsi makanan (manis, asin, berlemak), dapat melakukan aktivitas cukup, mengkonsumsi lauk pauk, dapat cuci tangan sebelum makan, membiasakan sarapan pagi, minum cukup, makan buah dan sayur, membaca label kemasan, serta dapat mensyukuri dan menikmati makanan yang ada sehingga siswa tidak lagi memilih-milih makanan.

Dalam proses berjalannya kegiatan dapat dilihat bahwa para siswa antusias dalam kegiatan ini. Hal ini dilihat dari siswa yang turut mendengarkan dengan diam tetapi antusias saat diberi pertanyaan.

Whats-App-Image-2022-02-05-at-12-21-19-AM
Penempelan Poster pada Papan Mading SD

Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Hermin Werdiningsih, M.T.

Lokasi KKN : SDN Muktiharjo Kidul 04, RW 02, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang