WASPADA NARKOBA!!! MAHASISWA KKN TIM I UNDIP 2022 AJAK REMAJA DESA ROWOSARI HINDARI NARKOBA LEWAT SOSIALISASI NARKOBA SECARA DARING

Rowosari, Kendal (31/1/2022) – Maraknya kasus narkoba di Indonesia menjadi satu masalah yang harus dihadapi bangsa kita. Narkoba sudah merajalela di semua lapisan masyarakat, mulai dari masyarakat biasa sampai kalangan atas seperti artis-artis ibukota. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya mulai dari membuat peraturan undang-undang tentang narkotika sampai melakukan berbagai hal untuk memberantas narkoba di Indonesia. Badan Narkotika Nasional (BNN) selaku badan yang berwenang untuk memberantas narkoba bekerja sama dengan pihak kepolisian telah mengungkap dari sekian banyaknya kasus narkoba. Penyebab maraknya narkoba tersebut seperti adanya jaringan internasional perdagangan narkoba di dunia. Meskipun para pelaku telah ditangkap, akan tetapi narkoba akan tetap marak dikarenakan adanya jaringan internasional tersebut.

Berangkat dari permasalahan diatas, mahasiswa KKN Tim I Undip 2022 mengadakan sosialisasi narkoba secara online bagi para remaja RT 02 Desa Rowosari. Remaja menjadi sasaran peserta sosialisasi dikarenakan pada usia remaja ini mereka masih berada di umur yang labil. Dalam artian mereka masih mencari jati diri mereka yang sebenarnya. Sehingga jika mendapati suatu hal yang baru mereka akan mencoba tanpa mengetahui resikonya terlebih dahulu. Jika hal yang baru itu positif tidak apa-apa untuk dicoba. Akan tetapijika hal baru itu negatif maka akan buruk juga pengaruhnya tehadap mereka seperti narkoba.

Dalam sosialisasi narkoba ini berisi materi tentang narkoba yang meliputi pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, serta pencegahan terhadap narkoba. Selain mengadakan sosialisasi untuk remaja, KKN Tim I Undip juga membuat poster tentang narkoba. Poster-poster ini ditempelkan di tempat-tempat yang strategis dan banyak warga melihat seperti di papan pengumuman milik RT 02 Desa Rowosari, Mushola Rt 02, papan pengumuman di Balai Desa Rowosari serta beberapa tempat lainnya.

Diadakannya sosialisasi narkoba secara daring diharapkan mampu mencegah dan mengurangi jumlah kasus narkoba di Indonesia. Khususnya bagi warga Desa Rowosari.

Penulis : Nurul Afni Hidayah

DPL : Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S. Pt, M. Si, IPM

Lokasi KKN : Desa Rowosari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal