Booklet MP-ASI Sebagai Upaya Pemberian Makan yang Tepat pada Anak dan Pencegahan Pemberian MP-ASI Dini

MP-ASI merupakan makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. MP-ASI yang tepat dan baik merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi terutama zat gizi mikro sehingga bayi dan anak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Sebaiknya MP-ASI mulai diberikan saat usia bayi 6 bulan, pada usia di bawah 6 bulan sistem pencernaan bayi belum siap untuk mencerna makanan. (Kemenkes, 2014)

Berdasarkan hasil survey mahasiswa di lokasi KKN didapatkan bahwa wilayah tersebut rutin mengadakan posyandu balita setiap bulannya, oleh karena itu mahasiswa berencana membuat booklet MP-ASI yang akan diberikan kepada ketua kader posyandu, untuk nantinya informasi yang terdapat pada booklet dapat disampaikan kepada ibu baduta. Pembuatan buku pedoman/booklet MP-ASI memiliki tujuan meningkatkan pengetahuan ibu terkait pemberian makan yang tepat pada baduta agar dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Booklet disusun pada minggu ke 3 pelaksanaan KKN, penyusunan dilakukan dalam kurun waktu satu minggu. Setelah booklet disusun, mahasiswa melakukan konsultasi isi materi kepada ahli gizi puskesmas dan bidan desa. Selanjutnya dilakukan pencetakan booklet, booklet telah dicetak pada tanggal 30 Januari 2022. Terdapat 8 booklet yang dicetak, booklet dibagikan kepada ahli gizi puskesmas, bidan desa dan ketua kader posyandu di wilayah Desa Mranggen.

Booklet MP-ASI

Pembagian booklet dilaksanakan pada tanggal 31 Januari – 2 Februari 2022, dengan sistem door to door. Selama kegiatan pembagian booklet, mahasiswa memberikan penjelasan terkait MP-ASI kepada Ketua Kader Posyandu. Selain pemberian booklet dalam bentuk hardfile, mahasiswa juga membagikan booklet dalam bentuk e-booklet, yang harapannya e-booklet dapat disebarkan luaskan melalui media sosial kepada ibu baduta di wilayah desa Mranggen.

Setelah dilaksanakan kegiatan dan dilakukan evaluasi terdapat beberapa tanggapan dari bidan desa dan ketua kader posyandu :

“Buku ini kalau bisa diperbanyak, nanti ibu-ibu balita jadi paham, makanan apa yang baik untuk anak”-Bidan Desa

“ini sangat bagus sekali, karena sangat membantu, yang dapat dijadikan contoh untuk kader terkait jeni-jenis makanan yang perlu diberikan kepada balita”-Ketua kader Posyandu 1 Pondok Majapahit 2

Penulis : Yustini Aminah, Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing KKN : Bapak An’im Kafabih, S.E., ME.

Lokasi KKN : Pondok Majapahit 2, Desa Mranggen, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.