Omset Penjualan Turun Semenjak Pandemi? Jangan Khawatir! Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Pedagang Memaksimalkan Penggunaan C-Commerce sebagai Media Pemasaran Digital
Semarang (24/01/2022) – Mewabahnya virus Corona atau Covid-19, bukan hanya menyerang sektor kesehatan, tetapi juga telah menyerang berbagai sektor kehidupan manusia di berbagai negeri yang berdampak pada aktivitas kegiatan perekonomian. Hal tersebut disebabkan oleh penurunan konsumsi rumah tangga akibat pembatasan sosial untuk mencegah Covid-19.
Di Kelurahan Peterongan itu sendiri, ada banyak masyarakat yang bermata pencaharian sebagai pedagang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap beberapa pedagang, semuanya memberikan komentar yang sama, yaitu menjadi sepi pembeli yang mengakibatkan penjualan mereka menjadi menurun.
Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang pedagang dapat melakukan pemasaran secara daring/online. Namun, masih banyak pedagang yang kurang memaksimalkan hal tersebut sehingga penjualan menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip mencoba melakukan sosialisasi penggunaan c–commerce, yaitu WhatsApp Business, sebagai media pemasaran digital.
Salah satu teknologi yang dimaksud adalah C–Commerce (Conversational Commerce), yaitu merupakan metode penggunaan aplikasi obrolan atau perpesanan untuk menjual barang dan jasa secara online. Salah satu alasan melakukan transaksi jual-beli di c–commerce adalah mendapatkan informasi tambahan tentang produk dan dapat melakukan negosiasi penawaran. Platform c–commerce yang digunakan dalam program kerja ini adalah WhatsApp Business. WhatsApp Business adalah sebuah platform perpesanan yang dibuat untuk kebutuhan bisnis atau bidang usaha yang memudahkan pemilik usaha berinteraksi dengan pelanggan.
Sosialisasi penggunaan c–commerce (WhatsApp Business) ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip dengan mendatangi pedagang-pedagang yang ada di wilayah Kelurahan Peterongan, Semarang Selatan. Mahasiswa KKN menjelaskan materi dari pengenalan WhatsApp Business. Setelah pedagang memahami mengenai WhatsApp Business secara detail, kemudian dilakukan pendaftaran akun WhatsApp Business dan demonstrasi langsung mengenai fitur-fitur yang telah dijelaskan.
“Semoga bisa melancarkan usaha saya. Bisa untuk mempromosikan dagangan, di sana juga sudah ada menunya, yang belum tau jadi tau”, ujar salah satu responden.
Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menambah wawasan tentang teknologi yang dapat membantu pemasaran produknya sehingga pedagang dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan mereka.
Penulis: Melanie Safira Vebriana (Informatika − FSM)
DPL: Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.
Lokasi: Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang