KKN TIM 1 KECAMATAN NGALIYAN: PEMBERANTASAN JENTIK NYAMUK, MARI CEGAH BERSAMA!

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) khususnya di Kota Semarang akhir-akhir ini semakin meningkat. Hal ini juga diakibatkan karena musim penghujan yang terjadi. Dilansir dari Kompas, pada Desember 2021 tercatat 50 kasus DBD dan pada per tanggal 4 Januari 2022, kasus DBD hanya menurun 2 kasus dengan satu pasien DBD anak masih menjalani rawat inap.

Hal ini tentunya harus segera dituntaskan terlebih kondisi pandemi saat ini yang menuntut masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing. Salah satu cara pencegahan penyakit DBD adalah dengan melakukan Pemberantasan Jentik Nyamuk (PJN). Kegiatan PJN ini dilakukan di RW 03 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Pembukaan Pemberantasan Jentik Nyamuk oleh Bu Lurah

Kegiatan ini dilakukan bersama PKK Kelurahan Bringin dan RT setempat. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan serta pembagian kelompok mahasiswa berdasarkan RT. Setelah pembagian dilakukan, selanjutnya kegiatan pemberantasan ini dilakukan dengan pengecekan rumah masing-masing warga. Dalam proses pengecekan, terdapat beberapa titik yang dijadikan prioritas seperti kolam, taman dan juga kamar mandi. Dari hasil pengecekan yang dilakukan tingkat kebersihan jentik nyamuk di RW 03 adalah sekitar 92%.

Pengecekan Kamar Mandi di Rumah Warga

Penulis: Muhammad Fareza Duta
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.
Lokasi KKN: Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang