KKN TIM 1 KECAMATAN NGALIYAN: PENERAPAN WEBGIS DALAM PEMECAHAN PERMASALAHAN PERKOTAAN

Penggunaan teknologi di era digital ini sangatlah diperlukan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Selain untuk mempermudah kegiatan sehari-hari, teknologi juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan khusus seperti perencanaan wilayah dan kota. Dalam proses perencanaan wilayah dan kota, teknologi dapat membantu dari mulai proses pengumpulan informasi awal, proses pengolahan data hingga proses penyampaian informasi yang ada. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan menggunakan teknologi pemetaan sebagai sarana pengumpulan informasi serta sebagai media untuk mempermudah penyampaian informasi.

Penulis sebagai salah satu mahasiswa KKN Tim 1 yang memiliki lokasi KKN di Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, mencoba menerapkan teknologi pemetaan tersebut dalam proses KKN. Dalam hal ini penulis menerapkannya dalam proses pembuatan peta permasalahan drainase yang ada di Kelurahan Bringin. Proses pembuatan peta dilakukan dengan melakukan survei lokasi sebagai langkah awal untuk mengetahui titik-titik persebaran drainase yang memiliki permasalahan. Permasalahan yang menjadi fokus utama adalah drainase yang memiliki masalah seperti tersumbat sampah, tertutup tanah maupun terjadi pendangkalan akibat tanah.

Contoh drainase yang tertutup sampah dan tanah

Setelah proses survei dilakukan, proses selanjutnya adalah dengan melakukan digitasi titik-titik persebaran permasalahan drainase di peta menggunakan aplikasi QGIS. Informasi yang dimuat dalam peta persebaran permasalahan drainase ini adalah lokasi drainase, jenis permasalahan drainase hingga foto keterangan permasalahan yang ada. Setelah proses pembuatan peta selesai, dilakukan pengubahan format menjadi WebGIS agar dapat diakses secara interaktif bagi penggunanya.

Preview WebGIS dari aplikasi QGIS.

Setelah seluruh proses pembuatan peta selesai, hasil dari peta tersebut telah diserahkan kepada pihak Kelurahan Bringin. Dari pembuatan peta tersebut, diharapkan dapat membantu pihak pemangku kepentingan setempat dalam hal pengambilan keputusan kedepannya.

Penulis: Muhammad Fareza Duta
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.
Lokasi KKN: Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang