Mahasiswa KKN Undip Memberikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentang Menggambar dan Mewarnai Rumah di SDN Wadas III

Karawang (06/02/2022) – Salah satu tugas arsitek adalah merancang tampak lingkungan binaan. Menurut Ihsan dan Edwin (2020) gambar tampak adalah proyeksi ortografik atau ortogonal yang memperlihatkan bagian muka bagian yang dilihat dari berbagai arah secara lengkap. Gambar tampak adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan bentuk fisik arsitektur yang dilihat dari arah pandang frontal. Berangkat dari isu kurangnya pemahaman anak usia sekolah mengenai profesi arsitek, pengenalan berbagai macam bentuk tampak depan bangunan rumah tinggal lewat latihan menggambar dan mewarnai dapat memberikan wawasan serta melatih kreativitas anak usia sekolah dasar. Bangunan rumah tinggal dipilih menjadi topik utama karena bangunan tersebut sangat dekat dengan kehidupan anak usia sekolah dasar.

Mahasiswa KKN dari Undip, Thina Miftahul, bekerja sama dengan salah satu institusi pendidikan sekolah dasar di wilayah KKN, yaitu SDN Wadas III, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang untuk melaksanakan sosialisasi profesi arsitek melalui kegiatan menggambar dan mewarnai tampak depan bangunan rumah tinggal. Sosialisasi menggunakan media buku latihan menggambar dan mewarnai rumah tinggal yang berisi tentang cara menggambar tampak depan rumah secara sederhana dilihat dari bentuk bangun datar yang menjadi bentuk dasar rumah serta lembar latihan mewarnai tampak depan rumah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Metode pembelajaran dilakukan dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mengingat kebijakan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Beberapa hasil karya peserta didik kelas 3 SDN Wadas III

Sosialisasi dilaksanakan sebanyak dua tatap pertemuan pada hari Rabu (26/01/22) dan Sabtu (29/01/22) di kelas 3 SDN Wadas III lewat grup media sosial kelas di bawah bimbingan wali kelas. Peserta didik diberi arahan dan tugas menggambar dan mewarnai sesuai petunjuk yang diberikan pada buku menggambar dan mewarnai rumah tinggal serta video pembelajaran yang berisi pembahasan buku tersebut. Hasil karya peserta didik dikumpulkan dan dikolektifkan untuk diserahkan kepada wali kelas 3.

Serah terima buku menggambar dan mewarnai rumah tinggal secara simbolis dengan Wali Kelas 3 SDN Wadas III

Penyerahan salinan buku fisik secara simbolis diberikan kepada wali kelas 3 setelah jam pembelajaran berakhir.

“Buku ini dapat dijadikan bahan ajar mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kedepannya. Baik itu untuk kegiatan praktikum menggambar dan mewarnai, bisa juga mengolah seni kriya, ataupun membuat kreasi menggunakan media kardus. Karena di dalam buku ini ada langkah-langkah menggambar rumah secara sederhananya,” Respon Bu Ntin, Wali Kelas 3A SDN Wadas III saat serah terima buku fisik latihan menggambar dan mewarnai rumah tinggal.

Penulis : Thina Miftahul Awwalia

DPL : Irawati, S.H., M.H