LINDUNGI BUMI DARI PLASTIK!

Semarang (06/01/2022) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) kembali dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa dikarenakan kondisi pandemic COVID-19 yang berlangsung hingga saat ini. KKN Undip kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi COVID-19 Berbasis SDGs” Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. KKN dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan secara tatap muka mengingat pandemi COVID-19 yang sudah menurun.
Mahasiswa Undip diwajibkan untuk membuat program yang berhubungan dengan keilmuan yang di dapat di jurusan nya masing-masing. Dalam pelaksanaannya mahasiswa harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihan tangan, serta tidak membuat kerumunan masyarakat.
Setelah diadakannya survei lapangan yang dilakukan sebelum pelaksanaan KKN berlangsung, maka kegiatan KKN akan dilakukan di permukiman warga RW 08 Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang. Ternyata masih banyak warga di wilayah Sendangmulyo khususnya ibu-ibu yang masih banyak menggunakan kantong plastik sebagai tas belanja sehari-hari. Sehingga program monodisiplin saya adalah mengedukasi masyarakat setempat untuk mulai mengganti penggunaan plastik sekali pakai menjadi totebag tas belanja ramah lingkungan. Mengingat indonesia menempati posisi kedua sebagai pembuatan polusi plastik ke laut, dan juga Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton pert tahunnya.