Kreatif dan Inovatif! Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Upaya Branding Kampung Wisata

Kota Semarang (31/01/22)

Gambar Kegiatan Sosialisasi

Kemenparekraf RI mengupayakan program digital tourism untuk mempromosikan destinasi dan potensi wisata di Indonesia. Saat ini tren pariwisata mulai bergeser ke arah digital, terlihat dari perilaku wisatawan kini semakin aktif merencanakan aktivitas wisata melalui berbagai platform internet. Terdapat istilah “Always connected travellers” yang artinya dimanapun dan kapanpun berada mereka saling terkoneksi melalui mobile apps. Dengan jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat menjadi peluang besar bagi objek wisata dalam melakukan kegiatan promosi. Penggunaan yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya dengan menekankan pada visual sehingga dapat menjadi strategi branding yang dapat menarik banyak wisatawan. Promosi wisata menggunakan media sosial dapat menjangkau banyak wisatawan untuk datang.

Kondisi pada Kampung Wisata Religi Makam Kramat Jati belum memanfaatkan media sosial dalam kegiatan branding wisata. Hal tersebut terlihat dari belum adanya akun media sosial seperti intsagram atau website Kampung Wisata Religi Makam Kramat Jati. Padahal dengan melakukan promosi wisata maka pengembangan kampung wisata dapat berkelanjutan dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat. Kegiatan branding atau promosi wisata yang kuat dan unik dapat memberikan efek positif terhadap keberlanjutan destinasi wisata. Penggunaan media sosial sebagai media promosi memiliki kelebihan yaitu efektif dan efisien, jangkauan khalayak lebih luas, promosi dilakukan secara real time, dan konten promosi lebih variatif. Media promosi secara online melalui akun media sosial menjadi teknik promosi yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Gambar Produk Brosur

Oleh karena itu, dilakukan kegiatan sosialisasi penggunaan media sosial sebagai upaya branding wisata khususnya pada Kampung Wisata Religi Makam Kramat Jati di Kelurahan Lamper Kidul. Kegiatan ini dilakukan pada minggu keempat sesuai dengan timeline kegiatan KKN yaitu pada 31 Januari 2022 dengan pembuatan media brosur sebagai edukasi branding wisata melalui media sosial. Harapannya masyarakat, pengelola Kampung Wisata Religi Makam Kramat Jati, dan pemerintah mampu mengetaui pentingnya branding secara online dan memanfaatkan media sosial sebagai upaya branding wisata. Materi yang terdapat dalam brosur terkait digital tourism, pentingnya branding wisata, media sosial yang dapat digunakan untuk branding, dan teknik penggunaan platform instagram untuk branding kampung wisata. Tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan daya tarik kampung wisata dengan menjangkau banyak wisatawan sehingga meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Penulis : Rosyifa Aura S

DPL    : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum

Lokasi : Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang