Handsanitizer Mahal ? Tips Pembuatan Handsanitizer Herbal Dengan Daun Sirih Di Rumah.

Handsanitizer Alami

Semarang (4/02/2022) – Pada saat Pandemi Covid-19 ini kasus terpapar covid semakin tinggi apalagi saat ini ada varian baru yaitu omicron yang harus di waspadai. 

Pemerintah sudah menerapkan protokol kesehatan yang harus di patuhi, akan tetapi banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan tersebut dengan melaksanakan 5M yaitu Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi Kerumunan, mengurangi mobilitas. 

Untuk yang keluar rumah beraktivitas harus selalu waspada dengan mencegah penyebaran Covid-19 dengan Mencuci tangan. Karena jika mencuci tangan di anggap ribet maka dapat dilakukan menggunakan handsanitizer sebab sangat praktis bisa dibawa kemana-mana. 

Sosialisasi dan Pembagian Handsanitizer
Sosialisasi dan Pembagian Handsanitizer

Dimasa pandemi ini ada beberapa oknum yang menimbun beberapa stock barang untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang di perlukan bahkan harganya di naikan. Untuk meminimalisir pengeluaran handsanitizer yang sangat mahal maka perlu dilakukan pembuatan handsanitizer sendiri di rumah dengan bahan yang mudah di dapat yaitu daun sirih dan jeruk nipis. Daun sirih di pekarangan rumah warga RT 04/ RW 04 tumbuh subur. Untuk itu dapat dimanfaatkan sebagai handsanitizer herbal menggunakan Daun sirih. Apa itu Daun sirih ? Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antiseptik. Daun sirih mengandung banyak zat salah satunya minyak Atsiri yang mempunyai kemampuan efektif sebagai antibakteri. Handsanitizer daun sirih di tambahkan perasan jeruk nipis yang mengandung senyawa asam askorbat yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Untuk itu, mahasiswa KKN UNDIP melakukan program pembuatan handsanitizer herbal dengan metode video menggunakan plattfrom YouTube berikut linknya (https://youtu.be/3cTo5_6ujUM) karena untuk mengurangi kerumunan sebagai pencegahan Covid-19. Setelah sosialisasi selanjutnya pembagian handsanitizer yang sudah di buat. Namun, handsanitizer ini tidak dapat dijual belikan.

Sosialisasi dan Pembagian Handsanitizer
Sosialisasi dan Pembagian Handsanitizer

Penulis : Risalatul Muanif

Dosen Pembimbing KKN : Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt.,M.P., IPM

Lokasi : Kelurahan Tlogosari Wetan Semarang RW 04, Kecamatan Pedurungan Semarang